Rabu, 30 Juli 2014

News / Nasional

Presiden Terima Direktur IMF di Istana

Selasa, 10 Juli 2012 | 06:17 WIB

JAKARTA, KOMPAS.com — Presiden Susilo Bambang Yudhoyono dijadwalkan akan menerima kunjungan Direktur Eksekutif Dana Moneter Internasional (International Monetary Fund atau IMF) Christine Lagarde di Kompleks Istana Kepresidenan, Jakarta, Selasa (10/7/2012) pukul 10.30. Pada pertemuan yang berlangsung selama satu jam, kedua pemimpin akan berbicara mengenai berbagai hal, termasuk situasi perekonomian dunia.

Saat ini, IMF tengah membutuhkan dana sebesar 430 miliar dollar AS untuk membantu menyelesaikan krisis Eropa. Menteri Koordinator Perekonomian Hatta Rajasa, kepada para wartawan di halaman Istana Merdeka, Jakarta, Senin (9/7/2012), menegaskan bahwa Indonesia akan memberikan bantuan pinjaman sebesar 1 miliar dollar AS kepada IMF.

Sebelumnya, pada Pertemuan Puncak G-20 di Meksiko, beberapa negara berkomitmen untuk memberikan bantuan sebesar 90 miliar dollar AS kepada IMF. Selain Indonesia, menurut Hatta, beberapa negara yang berkomitmen tersebut antara lain China dan Australia.

Sebelum bertemu Presiden, Lagarde yang berkunjung pada 8-10 Juli ini telah bertemu Menteri Keuangan Agus Martowardojo dan juga Wakil Presiden (Wapres) Boediono. Pada pertemuan dengan Agus dan Wapres Boediono, Lagarde banyak berbicara soal situasi perekonomian dunia.

Pada pertemuan dengan Menkeu, Lagarde mengaku mendapatkan informasi yang solid mengenai kondisi perekonomian Indonesia. Kunjungan Lagarde bertepatan dengan kunjungan kenegaraan Kanselir Jerman Angela Merkel. Namun, menurut kantor berita AFP, keduanya tidak dijadwalkan melakukan pertemuan di Jakarta.


Penulis: Hindra Liauw
Editor : Aloysius Gonsaga Angi Ebo