Senin, 28 Juli 2014

News / Nasional

KPK Periksa Agus Condro Terkait Nunun

Jumat, 6 Januari 2012 | 10:12 WIB

Berita terkait

JAKARTA, KOMPAS.com — Komisi Pemberantasan Korupsi menjadwalkan pemeriksaan terhadap anggota Dewan Perwakilan Rakyat 1999-2004, Agus Condro Prayitno, Jumat (6/1/2012). Mantan politikus PDI-P itu akan dimintai keterangan sebagai saksi kasus dugaan suap cek perjalanan terkait pemilihan Deputi Gubernur Senior Bank Indonesia 2004.

”Yang bersangkutan diperiksa sebagai saksi untuk tersangka NN (Nunun Nurbaeti),” kata Kepala Bagian Pemberitaan dan Informasi KPK Priharsa Nugraha melalui pesan singkat, Jumat.

Pada 20 Desember 2011, KPK sempat menjadwalkan pemeriksaan Agus. Namun, ia berhalangan hadir. Kali ini Agus memastikan akan memenuhi panggilan KPK. ”Saya berangkat ke Jakarta besok (hari ini) pagi, naik kereta dari Pekalongan pukul 06.50, sampai Jakarta pukul 11.30, sampai KPK pukul 13.00,” tulis Agus dalam pesan singkat yang diterima wartawan, Kamis (4/1/2012) malam.

Dalam kasus ini, Agus terbukti menerima sejumlah cek perjalanan yang diberikan oleh Nunun melalui Arie Malangjudo. Cek tersebut diduga untuk meloloskan Miranda Goeltom sebagai Deputi Gubernur Senior Bank Indonesia. Agus kemudian dihukum satu tahun tiga bulan penjara dan telah menyelesaikan masa tahanannya.

Pemberian cek perjalanan itu terungkap dari ”nyanyian” Agus. Saat itu dia mengaku mendapat 10 lembar cek perjalanan senilai Rp 500 juta. Sebelumnya, kepada media, Agus berharap agar Nunun kembali sehat dan mengungkap siapa dalang di balik pemberian 480 lembar cek perjalanan itu.

Agus meyakini bahwa kasus ini bukan sekadar perkara gratifikasi, melainkan ada persoalan pemburu rente yang bermain di lingkungan pejabat Bank Indonesia.

Sejumlah anggota DPR 1999-2004 yang terbukti menerima cek perjalanan dalam kasus ini telah divonis. Beberapa di antaranya selesai menjalani masa tahanan mereka. Namun, pihak yang memodali pembelian cek perjalanan itu belum juga terungkap.

KPK terus melakukan pemeriksaan terhadap sejumlah saksi. Selain Agus, sebelumnya KPK memeriksa anggota DPR 1999-2004 lain, yaitu Paskah Suzetta, Hamka Yandhu, Dudhie Makmun Murod, dan Udju Djuhaeri. KPK juga menjadwalkan ulang pemeriksaan Arie Malangjudo, pekan depan.


Penulis: Icha Rastika
Editor : Heru Margianto