Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Pakai Belangkon, Menteri Anies Pimpin Upacara Hardiknas

Kompas.com - 02/05/2016, 09:49 WIB
Kristian Erdianto

Penulis

JAKARTA, KOMPAS.com — Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan menggelar upacara peringatan Hari Pendidikan Nasional (Hardiknas) 2016 di halaman kantor Kemendikbud, Jakarta, Senin (2/5/2016) pagi.

Upacara tersebut dipimpin oleh Menteri Pendidikan dan Kebudayaan Anies Baswedan dan dihadiri oleh semua staf dan karyawan Kementerian, perwakilan siswa dari sekolah menengah atas di Jakarta, serta perwakilan guru dan kepala sekolah.

Upacara kali ini berbeda dari biasanya. Semua peserta menggunakan pakaian adat dari berbagai daerah, antara lain pakaian adat Jawa, Betawi, Baduy, dan Sumatera Barat.

Anies Baswedan menggunakan pakaian adat Yogyakarta yang dibalut dengan setelan jas berwarna hitam.

Staf Biro Komunikasi dan Layanan Masyarakat Kemendikbud Dany Brahmantyo mengatakan bahwa penggunaan pakaian adat dalam upacara kali ini merupakan instruksi Mendikbud. Hal itu sebagai simbol bahwa pendidikan merupakan bagian dari kebudayaan yang beragam.

"Upacara Hardiknas kali ini mewajibkan semua peserta menggunakan pakaian adat karena kami ingin meningkatkan awareness tentang beragamnya kebudayaan di Indonesia," ujar Dany.

Dalam kesempatan itu, Menteri Anies memberi penghargaan Satya Lencana Karya Satya kepada 246 pegawai negeri sipil di lingkungan Kemendikbud.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com