Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Tokoh Agama Minta Umat Tidak Golput di Pilkada

Kompas.com - 08/12/2015, 16:41 WIB

JAKARTA, KOMPAS.com - Tokoh lintas agama dalam Interreligious Council (IRC) Indonesia mengajak masyarakat menggunakan hak pilihnya pada pemilihan kepala daerah secara serentak, Rabu (9/12/2015) besok.

"Agar masyarakat menggunakan hak pilihnya," kata Presidium IRC Indonesia Din Syamsuddin pada jumpa pers di kantor Centre for Dialogue and Cooperation among Civilizaton (CDCC), Jakarta, Selasa (8/12/2015).

Acara ini juga dihadiri sejumlah pemimpin ormas keagamaan, seperti Philip Wijaya dan Suhadi Sandjaya (Walubi), Uung Sendana Linggaraja (Matakin), Nyoman Udayana (Parisada Hindu Dharma), Yusnar Yusuf (MUI), dan Rudi Pratikno (KWI).

Menurut Din, umat beragama di Indonesia harus secara mandiri dan merdeka menentukan pilihan kepala daerah idamannya. Masyarakat diminta menggunakan hak pilihnya dan tidak menjadi golongan putih.

"Sebuah kewajiban itu memilih atau tidak golput. Pilihlah secara mandiri dan merdeka tidak karena pengaruh iming-iming, pikiran-pikiran, maupun yang berupa materi seperti serangan fajar. Selain karena memilih sesuai hati sanubari, logika juga jadi dasar pertimbangan," kata Din.

Perwakilan umat Hindu, Nyoman Udayana, juga mengajak masyarakat menggunakan hak pilihnya. Ia mengimbau masyarakat memilih pemimpin yang mempertanggungjawabkan dirinya di depan Tuhan.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Baca tentang
Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com