Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Tim Ditjen Pemasyarakatan Akan Periksa Gayus Tambunan Besok

Kompas.com - 21/09/2015, 20:49 WIB
Ambaranie Nadia Kemala Movanita

Penulis

JAKARTA, KOMPAS.com - Direktur Jenderal Pemasyarakatan Kementerian Hukum dan HAM I Wayan Dusak mengatakan, ia telah mengirim tim ke Bandung, Jawa Barat, untuk melakukan pemeriksaan terhadap terpidana Gayus Tambunan. Rencananya, Gayus akan diperiksa karena berkeliaran dalam pengawalan di luar lapas, besok, Selasa (22/9/2015).

"Kita lihat faktor psikologis. Secepatnya (diperiksa), besok mudah mudahan bisa," ujar Wayan saat dihubungi, Senin (21/9/2015).

Saat ini, tim dari Direktorat Pembinaan Keamanan dan Ketertiban tengah melakukan pemeriksaan terhadap petugas lapas yang mengawal Gayus. Pemeriksaan Gayus diperlukan untuk mendengar alasan Gayus bisa bebas makan di luar tahanan, sementara berada dalam penjagaan petugas lapas.

"Itu yang sedang kita selidiki. Dia keluar di situ, atau di restoran, atau di mana? Bisa saja di pengadilan kan ada restoran," kata dia.

Wayan mengatakan, Gayus hanya diizinkan pergi ke Pengadilan Agama Jakarta Utara untuk mengikuti sidang perceraian. Jika restoran itu berada di luar lokasi tersebut, maka diyakini ada pelanggaran yang dilakukan, baik oleh Gayus, mau pun petugas lapas.

"Ya enggak boleh dong mestinya. Kalau enggak dikawal, itu namanya liar," kata Wayan.

Namun, Wayan belum dapat menduga-duga apakah ada pelanggaran karena pemeriksaan Gayus belum dilakukan. Jika benar adanya, maka Gayus terancam tidak mendapatkan remisi tahun depan.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Baca tentang
Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com