Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Pesawat F-16 Skuadron 3 Iswahyudi Gantikan F-16 yang Terbakar di Halim

Kompas.com - 16/04/2015, 18:33 WIB
Abba Gabrillin

Penulis


JAKARTA, KOMPAS.com - Pesawat tempur F-16 milik Skuadron 3 Lanud Iswahyudi, Magetan, Jawa Timur, bakal menggantikan pesawat F-16 milik Skuadron 16 Lanud Roesmin Nurjadin, Pekanbaru, yang terbakar di Lanud Halim Perdanakusuma, Jakarta, pada Kamis (16/4/2015). Pesawat tersebut rencananya akan digunakan TNI AU untuk mengamankan Konferensi Asia-Afrika.

"Kita akan lihat dan evaluasi dengan segera. Penggantinya mungkin pesawat F-16 yang dari Iswahyudi," ujar Agus, dalam konferensi pers di Mabes TNI Cilangkap, Jakarta Timur, Kamis.

Saat ini, dua pesawat F-16 tipe CD yang tersisa dari Skuadron 16 Pekanbaru, akan ditahan penggunaannya karena TNI AU akan melakukan penyelidikan mengenai penyebab kerusakan mesin pesawat F-16 yang terbakar.

Ada pun, pesawat F-16 yang berada di Skuadron 16 Pekanbaru dan Skuadron 3 Iswahyudi, adalah lima pesawat yang merupakan hibah dari Amerika Serikat. Pesawat buatan tahun 1980 tersebut baru tiba di Indonesia pada September 2014 lalu.

Agus mengatakan, dua pesawat F-16 milik TNI AU akan dimaksimalkan penggunaannya sebagai alat keamanan selama konferensi digelar. KAA akan berlangsung di Bandung dan Jakarta pada 19-23 April 2015.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com