Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Moeldoko: TNI Tetap Butuh Persenjataan Militer dari Luar Negeri

Kompas.com - 13/01/2015, 13:52 WIB
Abba Gabrillin

Penulis


JAKARTA, KOMPAS.com
 — Panglima TNI Jenderal Moeldoko mengakui, TNI saat ini masih membutuhkan alat utama sistem persenjataan (alutsista) buatan negara lain. Meski demikian, menurut Moeldoko, pemerintah juga telah menunjukkan keseriusan untuk meningkatkan kualitas produksi industri persenjataan dalam negeri.

"Untuk alutsista yang punya daya saing tinggi, kita tetap butuh persenjataan militer dari luar. Melihat senjata yang canggih, jangankan kepala staf, saya juga ngiler," ujar Moeldoko, saat ditemui seusai memimpin upacara Operasi Penegakan Ketertiban (Gaktib) dan Yustisi TNI di Lapangan Apel Mabes TNI Cilangkap, Jakarta Timur, Selasa (13/1/2015).

Moeldoko sebelumnya pernah menyatakan ketertarikannya pada salah satu armada milik angkatan laut Amerika Serikat, yang digunakan dalam pencarian pesawat AirAsia QZ8501 di Selat Karimata, dekat Pangkalan Bun, Kalimantan Tengah. (Baca: Anggap Alutsista Kurang Memadai untuk SAR, Panglima TNI Tergiur Helikopter Seahawk)

Meski demikian, sebut Moeldoko, hingga saat ini pemerintah belum menentukan fokus pembelian alutsista dari luar negeri. Menurut dia, ada sejumlah rangkaian panjang yang harus dilakukan untuk membeli alutsista.

Sementara itu, Moeldoko mengatakan, pemerintah saat ini telah menunjukkan keseriusan dalam meningkatkan kualitas produksi alutsista dalam negeri. Diharapkan, kualitas produksi dalam negeri mampu mengimbangi kualitas alutsista buatan negara lain.

"Presiden Joko Widodo telah memberikan Rp 700 miliar untuk PT Pindad. Ini berarti ada keinginan untuk memperkuat industri dalam negeri," kata Moeldoko. (Baca: Jokowi Akan Kucurkan Rp 700 Miliar ke Pindad untuk Tingkatkan Produksi)

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com