Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Pemanfaatan Iptek untuk Kartu Indonesia Sehat

Kompas.com - 06/09/2014, 15:01 WIB
Abba Gabrillin

Penulis

JAKARTA, KOMPAS.com - Pameran ilmu pengetahuan dan teknologi (Iptek), yang digagas politisi partai Golkar Poempida Hidayatullah, di Tugu Proklamasi, Jakarta Pusat, Sabtu (6/9/2014), mengikutsertakan seorang peserta yang menampilkan hasil inovasi berupa E-KTP Reader.

"Alat ini berfungsi untuk membaca data yang tersimpan dalam kartu tanda penduduk (KTP) elektronik," ujar staf informasi komunikasi dan teknologi PT Len Industri Fauzan Azmi, saat ditemui di Tugu Proklamasi, Menteng, Jakarta Pusat.

Menurut Fauzan, E-KTP Reader tersebut nantinya akan diintegrasikan dengan Kartu Indonesia Sehat (KIS), yang merupakan salah satu program unggulan dalam kampanye presiden dan wakil presiden terpilih Joko Widodo-Jusuf Kalla. Fauzan mengatakan, nantinya alat tersebut akan digunakan di seluruh rumah sakit. Pasien yang terdaftar dan memilki KIS, cukup melakukan pengambilan sidik jari saat melakukan proses administrasi. Bahkan, dalam keadaan darurat, dan tidak membawa KIS, pendataan cukup melalui sidik jari saja.

"Aplikasi ini bisa mengurangi antrean dan mempermudah administrasi," kata Fauzan.

Hingga saat ini, alat tersebut belum dapat dipasarkan, karena masih menunggu sertifikasi dari Badan Pengkajian dan Pemanfaatan Teknologi (BPPT). Namun, menurut Fauzan, Badan Penyelenggara Jaminan Sosial (BPJS) telah melakukan pemesanan alat tersebut, untuk digunakan dalam pembuatan kartu BPJS.

Ia berharap alat tersebut dapat segera diaplikasikan pada pemerintahan yang baru. "Pak Jokowi sudah pernah dengar, dan mau memanfaatkan alat ini," kata Fauzan.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com