Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Arena Debat Capres-Cawapres Tidak Lagi Riuh

Kompas.com - 05/07/2014, 21:08 WIB
Deytri Robekka Aritonang

Penulis


JAKARTA, KOMPAS.com
- Suasana debat terakhir calon presiden dan calon wakil presiden Pemilu Presiden (Pilpres) 2014, Sabtu (5/7/2014), berbeda dari suasana empat debat sebelumnya. Debat kali ini tidak lagi diramaikan keriuhan sorak-sorai dari tim pendukung pasangan calon.

Komisi Pemilihan Umum (KPU) dan televisi host penyelenggara debat memisahkan tempat duduk rombongan pendukung masing-masing capres-cawapres. Pendukung Prabowo Subianto-Hatta Rajasa duduk di sebelah kiri panggung, sedangkan pendukung Joko Widodo-Jusuf Kalla didudukkan di sisi kanan panggung seperti posisi pada debat-debat sebelumnya.

Pada debat sebelumnya, sebelum, sepanjang debat, pada jeda iklan dan sesudah debat, pendukung pasangan calon selalu bersorak meneriakkan dukungannya atau menyanyikan yel-yel dukungan. Namun, kali ini sorak-sorai itu tidak lagi terdengar. Sorakan hanya terdengar ketika pembawa acara debat memanggil identitas pendukung.

"Salam satu jiwa," kata pembawa acara, maka pendukung Prabowo-Hatta bersorak. "Salam dua jari," kata pembawa acara, berganti pendukung Jokowi-JK yang bersorak.

Sorak juga terdengar saat Ketua KPU Husni Kamil Manik menyebut nama masing-masing calon.

Dalam rapat dengar pendapat dengan Komisi II DPR, Kamis (3/7/2014), Husni mengatakan agar tim capres-cawapres tidak lagi membawa tim sorak ke dalam arena debat.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com