Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Soal Potensi Jadi Ketum Golkar, Bahlil: Belum, Kita Lihat Saja Prosesnya

Kompas.com - 29/03/2024, 04:01 WIB
Fika Nurul Ulya,
Novianti Setuningsih

Tim Redaksi

JAKARTA, KOMPAS.com - Menteri Investasi Bahlil lahadalia enggan berkomentar lebih jauh soal potensi dirinya menduduki kursi Ketua Umum (ketum) Golkar menggantikan Airlangga Hartarto.

Dia memilih menunggu proses. Hal ini dikatakannya merespons peluang menjadi Ketum Golkar dan keinginannya berencana maju menjadi ketua partai berlambang pohon beringin tersebut.

"Oh, belum, belum. Kita lihat saja proses, ya," kata Bahlil usai buka puasa bersama saat ditemui di Kompleks Istana Kepresidenan, Jakarta Pusat, Kamis (28/3/2024).

Dia juga enggan merespons lebih jauh soal pernyataan Wakil Ketua Umum Partai Golkar Bambang Soesatyo yang sempat menyebut namanya menjadi salah satu sosok yang berpotensi.

Baca juga: Tak Cuma Demokrat, Airlangga Ungkap Banyak Kader Golkar Siap Tempati Posisi Menteri

Diketahui, Partai Golkar sendiri akan mengadakan Musyawarah Nasional (Munas) Golkar akhir tahun ini. Salah satu agendanya adalah pemilihan ketua umum partai.

"Ah, itu Pak Bamsoet saja itu ya, Pak Bamsoet saja, ya," ujar Bahlil.

Sebelumnya diberitakan, Wakil Ketua Umum Partai Golkar Bambang Soesatyo atau Bamsoet mengungkapkan nama-nama yang berpeluang maju sebagai calon ketua umum Partai Golkar.

Pemilihan Ketua Umum partai berlambang pohon beringin ini bakal dilangsungkan saat Musyawarah Nasional (Munas) Partai Golkar, akhir tahun ini.

Baca juga: Bamsoet Ungkap 4 Nama Potensial Calon Ketum Golkar di Munas 2024, Tak Ada Nama Jokowi

Tiga nama yang disebut Bamsoet adalah kader Golkar yang saat ini menjabat sebagai menteri di kabinet pemerintahan Presiden Jokowi.

"Ada Pak Airlangga, kemudian ada Pak Agus Gumiwang, kemudian ada Pak Bahlil," kata Bamsoet saat ditemui di Kompleks Parlemen Senayan, Jakarta, Jumat (8/3/2024).

Airlangga Hartarto yang juga Ketua Umum Partai Golkar, saat ini menjabat sebagai Menteri Koordinator Bidang Perekonomian.

Sementara itu, Agus Gumiwang Kartasasmita adalah Menteri Perindustrian. Sedangkan Bahlil Lahadalia adalah Menteri Investasi/Kepala Badan Koordinasi Penanaman Modal.

Selain ketiga nama diatas, satu kader lainnya yang disebut Bamsoet berpeluang menjadi calon Ketum Golkar adalah dirinya sendiri.

Baca juga: Soal Isu Jokowi Jadi Ketum Golkar, Dito Ariotedjo: Tampaknya Beliau Akan Fokus Multipartai

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.



Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com