Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Eks Panglima TNI Yudo Margono Terima Penghargaan Militer Tertinggi dari Singapura

Kompas.com - 01/02/2024, 20:03 WIB
Nirmala Maulana Achmad,
Krisiandi

Tim Redaksi

JAKARTA, KOMPAS.com - Mantan Panglima TNI Laksamana (Purn) Yudo Margono menerima anugerah penghargaan militer tertinggi dari pemerintah Singapura, yakni Darjah Utama Bakti Cemerlang.

Penghargaan itu diberikan langsung oleh Presiden Singapura Tharman Shanmugaratnam di Istana Singapura, Selasa (30/1/2024) waktu setempat.

Darjah Utama Bakti Cemerlang diberikan ke Yudo atas kontribusinya yang signifikan dalam mempererat hubungan pertahanan antara TNI dan Angkatan Bersenjata Singapura (Singapore Armed Forces).

Baca juga: Laksamana Yudo Margono Serahkan Jabatan Panglima TNI ke Jenderal Agus Subiyanto

“Selama (Yudo) menjabat sebagai Panglima TNI, hubungan pertahanan antara TNI dan Angkatan Bersenjata Singapura terus meningkat,” kata Tharman dalam siaran pers resmi, Kamis (1/2/2024).

Kedua angkatan bersenjata berpartisipasi dalam sejumlah latihan bilateral antara lain, Latihan Safkar Indopura dan Eagle Indopura pada 2023.

Hal itu bertujuan melatih interoperabilitas dan kerja sama TNI dan Angkatan Bersenjata Singapura.


Baca juga: Yudo Margono yang Kini Bisa Nyoblos Lagi di Pemilu, Kali Terakhir Kelas 2 SMA

“Yudo juga mendukung terlaksananya patroli terkoordinasi Angkatan Laut kedua negara. Sekaligus terus berkomitmen dalam meningkatkan kerja sama pada kerangka multilateral, yang berkontribusi terhadap perdamaian dan stabilitas regional,” tulis keterangan MINDEF Singapore.

Selama kepemimpinan Yudo Margono, Indonesia dan Singapura juga bekerja sama dalam berbagai even internasional, seperti pertemuan Panglima Angkatan Bersenjata se-ASEAN dan kerja sama Information Fusion Centre and the Counter-Terrorism Information Facility.

Penghargaan Darjah Utama Bakti Cemerlang sebelumnya juga diterima panglima TNI sebelum Yudo, Jenderal (Purn) Andika Perkasa. Andika menerima penghargaan serupa pada 10 Mei 2023.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.



Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com