Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Survei Litbang "Kompas": Elektabilitas PPP dan Enam Partai Lain di Bawah 2,5 Persen

Kompas.com - 12/12/2023, 09:47 WIB
Irfan Kamil,
Sabrina Asril

Tim Redaksi

JAKARTA, KOMPAS.com- Hasil jejak pendapat Litbang Kompas memperlihatkan Partai Persatuan Pembangunan (PPP) dan enam partai lain elektabilitasnya di bawah 2,5 persen. 

Keenamnya adalah Partai Persatuan Indonesia (Perindo), Partai Hati Nurani Rakyat (Hanura) dan Partai Garda Republik Indonesia (Garuda). Tiga Parpol ini pernah ikut Pemilihan Umum (pemilu).

Sementara, tiga parpol lain adalah parpol yang baru pertama kali ikut pemilu. Ketiganya adalah Partai Buruh, Partai Ummat, dan Partai Gelombang Rakyat Indonesia (Gelora).

"Dinamika perubahan elektabilitas masih terbuka untuk partai-partai di papan menengah dan bawah," tulis Peneliti Litbang Kompas Yohanes Mega Hendarto di Harian Kompas, Selasa (12/12/2023).

Yohanes berpandangan, semua partai politik memerlukan upaya ekstra untuk mengangkat elektabilitas mereka. Ia menyebutkan, kerja keras ini diperlukan lantaran durasi kampanye untuk meningkatkan elektabilitas Parpol tinggal sekitar dua bulan lagi.

Baca juga: Anjloknya Elektabilitas Ganjar dan Melejitnya Prabowo di Survei Litbang Kompas

"Partai papan bawah yang sebagian nonparlemen dan masih baru, dihadapkan tantangan mendongkrak popularitas di mata pemilih yang rata-rata masih berada di angka 30-an persen," kata Yohanes.

"Hasil itu terbilang minim dibandingkan rerata parpol menengah dengan 65 hingga 75-an persen, sedangkan parpol papan atas memiliki angka kepopuleran 75 hingga 90-an persen," imbuhnya.

Hasil jajak pendapat Litbang Kompas Desember 2023 menunjukkan elektabilitas Partai Gerindra berada di urutan pertama. Parpol yang dibentuk Prabowo Subianto itu meraih elektabilitas sebesar 21,9 persen atau meningkat 3 persen dibandingkan survei Agustus 2023.

Berdasarkan survei yang sama Agustus 2023, elektabilitas Gerindra saat itu ada di angka 18,9 persen. Elektabilitas Gerindra pada Desember ini menyalip PDI-P. Partai berlogo banteng moncong putih itu kini berada di urutan kedua dengan elektabilitas 18,3 persen.

Baca juga: Survei Litbang Kompas: Elektabilitas Gerindra Naik di Posisi Teratas, PDI-P Turun

Angka itu merosot sebanyak 6,1 persen jika dibandingkan Agustus lalu. Kala itu, parpol yang dipimpin Megawati Soekarnoputri itu mempunyai tingkat elektoral sebesar 24,4 persen.

Kemudian, urutan ketiga diisi Partai Golkar yang memperoleh elektabilitas 8 persen. Angka itu meningkat sebesar 0,8 persen ketimbang 4 bulan lalu di mana partai beringin mempunyai elektabilitas 7,2 persen.


Selanjutnya, Partai Kebangkitan Bangsa 7,4 persen, Partai Nasdem (4,9 persen), dan Partai Keadilan Sejahtera (4,5 persen). Lalu, ada Partai Demokrat (4,5 persen), Partai Amanat Nasional (4,2 persen), Partai Solidaritas Indonesia (2,6 persen), Partai Persatuan Pembangunan (2,4 persen) dan partai lainnya 4 persen.

Diketahui, survei Litbang Kompas yang dibiayai secara mandiri oleh Harian Kompas dilakukan 29 November - 4 Desember 2023. Sebanyak 1.364 responden dipilih secara acak menggunakan metode pencuplikan sistematis bertingkat di 38 provinsi.

Dengan metode tersebut, survei memiliki tingkat kepercayaan 95 persen dengan margin of error di kurang lebih 2,65 persen dalam kondisi penarikan sampel acak sederhana.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Baca tentang


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com