Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Peta Dukungan Purnawirawan Jenderal TNI-Polri di Pilpres 2024

Kompas.com - 07/10/2023, 05:30 WIB
Achmad Nasrudin Yahya

Penulis

JAKARTA, KOMPAS.com - Sejumlah purnawirawan perwira tinggi TNI yang tergabung dalam berbagai elemen mulai menunjukkan sikap politiknya di Pemilihan Presiden (Pilpres) 2024.

Mereka bahkan telah membuat barisan pendukung untuk menyuplai sokongan kepada masing-masing bakal calon presiden (capres).

Berikut peta dukungan purnawirawan TNI dalam Pilpres 2024:

1. Ganjar Pranowo

Bakal calon presiden (bacapres) PDI-P Ganjar Pranowo tiba di Gedung High End, Jakarta Pusat, Rabu (27/9/2023).KOMPAS.com/NICHOLAS RYAN ADITYA Bakal calon presiden (bacapres) PDI-P Ganjar Pranowo tiba di Gedung High End, Jakarta Pusat, Rabu (27/9/2023).
Meski belum memiliki pasangan, dukungan dari para purnawirawan jenderal TNI telah mengalir ke bakal capres dari PDI Perjuangan Ganjar Pranowo.

Salah satu nama yang paling mencolok adalah Jenderal (Purn) Andika Perkasa yang pernah menjabat sebagai Panglima TNI dan Kepala Staf Angkatan Darat (KSAD).

Kemudian ada eks Wakil Kepala Polri (Wakapolri) Komisaris Jenderal (Purn) Gatot Eddy Pramono. Merapatnya Andika dan Gatot Eddy ke barisan Ganjar tak sekadar dukung-mendukung.

Baca juga: Arsjad Rasjid Ungkap Alasan Pilih Ganjar, dari Kepribadian hingga Rekam Jejak

Keduanya bahkan dipercaya masuk dalam struktural tim pemenangan nasional dengan posisi sebagai wakil ketua.

Selain Andika, ada nama mentereng lainnya. Sebut saja Kepala Staf Angkatan Laut (KSAL) periode 2002-2005, Laksamana (Purn) Bernard Kent Sondakh.

Sondakh bahkan telah mendirikan kelompok pendukung bernama Relawan Ganjar Punya Rakyat (Gapura) Nusantara. Di organisasi ini, Sondakh menjabat sebagai ketua dewan pembina.

Baca juga: Ganjar Klaim Tetap Layani Kepentingan Rakyat, meski Jadi Kader Partai

Adapun Relawan Gapura Nusantara merupakan organisasi yang terdiri dari para purnawirawan TNI, Polri, akademisi, artis, hingga YouTuber dan kalangan milenial.

Selain Bernard, Relawan Gapura Nusantara juga dihiasi sejumlah nama purnawirawan petinggi TNI lainnya, seperti mantan Kepala Staf TNI Angkatan Udara (KSAU) Marsekal (Purn) Agus Supriatna.

Kemudian mantan Sekretaris Jenderal (Sekjen) Kementerian Pertahanan 2019-2020 Laksamana Madya (Purn) Agus Setiadji hingga mantan Kepala Badan Nasional Penanggulangan Bencana (BNPB) Letnan Jenderal (Purn) Ganip Warsito, dan lainnya.

Sondakh mengeklaim bahwa jumlah anggota Relawan Gapura Nusantara mencapai 1.200 orang. Mereka tersebar di Bali, Bandung, Malang, Surabaya, Yogyakarta, Lampung, dan lainnya.

Baca juga: Cerita Ganjar Deg-degan Saat Dipilih Megawati jadi Capres

Bernard yakin bahwa Ganjar merupakan bakal capres yang cocok dan akan duduk sebagai Presiden RI ke-8 karena kader PDI Perjuangan tersebut tidak mau mengorupsi waktu.

"Kita optimis Ganjar Pranowo menang Pilpres 2024," ujar Sondakh dalam sebuah acara di Kelapa Gading, Jakarta Utara, Sabtu (10/6/2023).

Halaman:
Baca tentang


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com