Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Ke Serbia, KSAL Jajaki Kerja Sama Produksi Senjata dan Pelatihan Anti-teror

Kompas.com - 29/09/2023, 23:57 WIB
Nirmala Maulana Achmad,
Sabrina Asril

Tim Redaksi

JAKARTA, KOMPAS.com - Kepala Staf TNI Angkatan Laut (KSAL) Laksamana Muhammad Ali menemui Wakil Menteri Pertahanan Serbia Nemanja Starovic.

Pertemuan bilateral itu digelar di Kantor Kemenhan Serbia, Beograd, di sela-sela kunjungan KSAL ke Serbia, pada Rabu (27/9/2023) waktu setempat.

Dalam pertemuan itu, KSAL dan Starovic membahas berbagai peluang kerja sama militer.

“Di antaranya mengenai peluang kerja sama dalam penelitian dan pengembangan serta produksi bersama senjata dan amunisi, penawaran latihan anti-teror di Serbia, pelatihan pengamanan dan pemeliharaan amunisi, peluang transfer of knowledge (ToT) dalam pembuatan amunisi medium dan ringan dari persenjataan buatan Serbia,” kata Kepala Dinas Penerangan TNI AL Laksamana Pertama I Made Wira Hady dalam keterangan tertulis, Jumat (29/9/2023).

Baca juga: Temui Pimpinan AL, KSAL Minta AS Berperan Aktif soal Isu ASEAN dan Pasifik Selatan

Ali dan Starovic juga membahas peluang kerja sama lainnya pada masa yang akan datang.

Dalam pertemuan bilateral tersebut, Ali didampingi Duta Besar RI untuk Serbia Mochamad Chandra Widya Yudha dan beberapa pejabat utama TNI AL.

Kunjungan KSAL ke Serbia merupakan rangkaian kegiatan lawatannya ke beberapa negara seperti Jerman dan Amerika Serikat.

Baca juga: KSAL Kunjungi Galangan di Jerman yang Produksi Kapal Selam Tipe 212 dan 214

Di sela-sela kunjungan tersebut, Ali melaksanakan pertemuan bilateral dengan para pemimpin Angkatan Laut dan militer negara sahabat seperti US Pacific Fleet Commander (US Navy), Kepala Staf AL Perancis, Kepala Staf AL India, Kepala Staf AL Kanada dan Commandant United States Marine Corps (USMC).

Selain itu, Ali turut meninjau langsung industri pertahanan dan menghadiri beberapa kegiatan seperti International Seapower Symposium/ISS-25 di Amerika Serikat serta PARTNER 23-Defense Exhibition di Beograd, Serbia.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.



Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com