Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

PSI Belum Deklarasi Dukungan Capres, Puan: Ayo Mas Kaesang Ikut PDI-P Saja

Kompas.com - 26/09/2023, 17:54 WIB
Nicholas Ryan Aditya,
Novianti Setuningsih

Tim Redaksi

JAKARTA, KOMPAS.com - Ketua DPP PDI-P Puan Maharani mengatakan, partainya masih terbuka jika Partai Solidaritas Indonesia (PSI) yang kini di bawah pimpinan putra bungsu Presiden Joko Widodo (Jokowi), Kaesang Pangarep, untuk bergabung dalam kerja sama politik mendukung bakal calon presiden (capres) Ganjar Pranowo.

Hal itu disampaikan Puan usai ditanya peluang PDI-P tetap merangkul PSI pada Pemilihan Presiden (Pilpres) 2024. Apalagi, diketahui bahwa PSI belum mendeklarasikan dukungan bakal capres secara resmi.

"Jadi, kemudian, ayo Mas Kaesang ikut PDI Perjuangan aja yuk," ujar Puan saat ditemui di Smesco Ballroom, Jakarta usai menghadiri acara Rakernas DPP Perkumpulan Aparatur Pemerintah Desa Seluruh Indonesia (Papdesi), Selasa (26/9/2023).

Baca juga: Senyum dan Ucapan Selamat Ganjar untuk Kaesang yang Jadi Ketum PSI

Puan menegaskan bahwa PDI-P selalu terbuka kepada partai politik lain untuk Pilpres 2024.

Keterbukaan itu, menurut Puan, ditunjukkan melalui silaturahim yang terus dibangun oleh PDI-P.

Akan tetapi, ia mengatakan bahwa PDI-P tetap menghormati apa pun keputusan setiap partai politik dalam Pilpres 2024 meski pada akhirnya tak jadi bekerja sama politik.

"Kami akan selalu bersilaturahmi, namun memang semua partai itu mempunyai strateginya masing-masing dalam apa namanya, merangkul kemudian memenangkan capresnya," kata Ketua DPR RI ini.

Teruntuk Kaesang, Puan turut menyampaikan ucapan selamat karena telah terpilih menjadi Ketua Umum PSI.

Baca juga: Kaesang Pangarep Ketum PSI Dinilai Sinyal Pisah Jalan Jokowi dan PDI-P

Ia juga mengaku biasa saja dan tidak menganggap terpilihnya Kaesang menjadi orang nomor satu di PSI adalah pertanda manuver keluarga Presiden Jokowi untuk Pilpres 2024.

"Siapa yang nganggap? Saya enggak, biasa saja. Makanya tadi saya bilang selamat, kepada Mas Kaesang, sudah menjadi ketua umum," ujar Puan.

Sebagaimana diberitakan, Kaesang resmi menjadi Ketum PSI menggantikan Giring Ganesha pada Senin (25/9/2023) di acara Kopi Darat Nasional (Kopdarnas).

"Memutuskan, menetapkan pengangkatan Saudara Kaesang Pangarep sebagai Ketua Umum DPP PSI periode 2023-2028," kata Wakil Ketua Dewan Pembina PSI Grace Natalie.

Surat Keputusan (SK) Kaesang menjadi Ketum PSI pun diserahkan Grace kepada Kaesang secara langsung.

Sementara itu, PSI hingga kini belum menjatuhkan dukungan terhadap bakal capres tertentu untuk Pilpres 2024. Meski begitu, PSI digadang-gadang bakal mendukung Prabowo Subianto.

Baca juga: Pengamat Nilai PDI-P Mesti Waspada Setelah Kaesang Jadi Ketum PSI

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Baca tentang


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com