Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
KILAS

Ketua ASEAN-BAC 2023 Arsjad Sebut Australia Jadi Mitra Strategis ASEAN untuk Tingkatkan Perekonomian

Kompas.com - 11/08/2023, 18:44 WIB
Dwi NH,
Mikhael Gewati

Tim Redaksi

KOMPAS.com - Ketua Association of Southeast Asian Nations-Business Advisory Council (ASEAN-BAC) 2023 Arsjad Rasjid mengatakan, Australia merupakan mitra strategis ASEAN di bidang perdagangan dan investasi untuk mendorong pertumbuhan ekonomi pada kawasan tersebut.

Ia mengatakan, Australia dan ASEAN sebagai kawasan tempat bermukim sekitar 655 juta jiwa penduduk, memiliki produk domestik bruto (PDB) gabungan lebih dari 3,31 triliun dollar Amerika Serikat (AS). Kedua kawasan ini mempunyai tanggung jawab untuk menjadikan ASEAN sebagai epicentrum of growth.

Perdagangan dua arah Australia dengan 10 negara anggota ASEAN, kata Arsjad, lebih besar dibandingkan Jepang atau AS. Nilai perdagangannya melampaui 127 miliar dolar Australia pada 2021.

“ASEAN-BAC memiliki kesamaan pandangan dengan Pemerintah Australia mengenai pentingnya kerja sama inklusif. Inklusivitas sangat penting untuk memperkuat strategic trust. Dan, ASEAN-BAC akan selalu bersama Australia,” kata Arsjad dalam siaran pers yang diterima Kompas.com, Rabu (9/8/2023).

Baca juga: Pemerintah Bakal Promosikan IKN di Pertemuan ASEAN-BAC

Hal tersebut disampaikan Arsjad saat melakukan roadshow ASEAN-BAC di Sydney, Australia beberapa waktu lalu. Kegiatan ini dilakukan dalam rangka roadshow kepemimpinan Indonesia pada ASEAN-BAC 2023.

Sebelumnya, Arsjad bersama delegasi ASEAN-BAC melakukan roadshow ke Malaysia, Filipina, Singapura, Myanmar, Inggris, Jepang, dan Korea Selatan (Korsel).

Selama di Australia, delegasi ASEAN-BAC bertemu dengan pejabat pemerintah dan para pelaku usaha, di antaranya Premier New South Wales Chris Minns, Direktur Utama (Dirut) Australia-ASEAN Chamber of Commerce Deborah Biber, dan Utusan Khusus Australia untuk ASEAN Nicholas Moore.

Dalam kesempatan tersebut, Arsjad secara khusus mengajak pejabat pemerintah dan para pelaku usaha menghadiri Business Investment Summit 2023 dan ASEAN Business Awards 2023 yang akan diselenggarakan pada 3 September 2023 sampai 4 September 2023 di Jakarta.

Kawasan Asia Tenggara, diperkirakan menjadi pasar tunggal terbesar keempat di dunia pada 2030 setelah AS, Tiongkok, dan Uni Eropa.

Baca juga: Roadshow ASEAN-BAC di Jepang dan Korsel Selesai, Ada Peluang Kerja Sama Transisi Energi hingga Pembangunan IKN

“Saya yakin, ASEAN sebagai mitra strategis Australia akan terus memperkokoh kerja sama melalui kesepakatan prioritas bersama, peningkatan sumber daya, dan program-program baru,” kata Arsjad saat memberikan keynote speech pada Australia-ASEAN Business Forum di Sydney.

Adapun program baru tersebut, kata Arsjad, seperti pengembangan ekosistem industri kendaraan listrik, pembangunan Ibu Kota Nusantara (IKN) di Kalimantan Timur (Kaltim), dan ekonomi digital

Lebih lanjut, Arsjad mengungkapkan, kerja sama ASEAN dengan mitra wicara secara penuh dimulai sejak 1974 dan dilakukan pertama kali dengan Australia.

Kerja sama tersebut juga ditingkatkan menjadi Kemitraan Komprehensif Strategis yang pertama, sehingga menunjukkan adanya strategic trust yang sangat kokoh antara ASEAN dan Australia.

Baca juga: Ketua ASEAN-BAC 2023 Siap Jalin Kerja Sama Indonesia-Laos di Sektor Jasa Logistik dan Transportasi

“Australia sebagai mitra wicara pertama yang menjalin Regional Comprehensive Economic Partnership (RCEP) dengan ASEAN. Australia dan ASEAN juga sama-sama berperan penting untuk membangun kawasan Indo-Pasifik yang stabil, damai, dan sejahtera,” kata Arsjad.

Australia mampu atasi tantangan regional yang kompleks

Sementara itu, Wakil Ketua ASEAN-BAC Bernardino Vega mengatakan, Australia telah melangkah maju untuk mengatasi tantangan regional yang kompleks. Hal ini ditunjukkan melalui pembentukan program ASEAN Future Initiatives.

Halaman:


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com