Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Jika Jadi Cawapres Ganjar, Ridwan Kamil Dianggap Bisa Tambal Kelemahan PDI-P di Jabar

Kompas.com - 30/07/2023, 13:38 WIB
Vitorio Mantalean,
Jessi Carina

Tim Redaksi

JAKARTA, KOMPAS.com - Direktur Eksekutif Parameter Politik Adi Prayitno menilai bahwa munculnya wacana politikus Golkar Ridwan Kamil maju di Pilpres 2024 bisa menjadi sesuatu yang menguntungkan.

Terlebih, partai berlambang pohon beringin itu sedang menjajaki peluang koalisi dengan PDI-P yang saat ini sedang mencari kandidat tandem untuk bakal calon presiden mereka, Ganjar Pranowo.

Ridwan Kamil yang kini duduk sebagai Gubernur Jawa Barat dinilai bisa menambal kelemahan Ganjar dan PDI-P di wilayah tersebut.

"Elektabilitasnya signifikan. Ridwan Kamil itu mampu mengonsolidasikan kekuatan politik di Jawa Barat yang selama ini wilayah yang Ganjar Pranowo relatif agak lemah," kata Adi pada Minggu (30/7/2023).

Baca juga: Ganjar Ke Andika Perkasa: Ditugaskan Apa Pun, Kita Harus Siap

"Kalau ada Ridwan Kamil, maka kekuatan di Jawa Barat akan bertambah, dan duet Ganjar dan Ridwan Kamil akan menjadi penguasa Pulau Jawa," imbuhnya.

Akan tetapi, sebelumnya, nama Ridwan Kamil sudah terlempar dari bursa bakal calon wakil presiden PDI-P. Dari 10 nama awal, PDI-P kini telah mengerucutkan kandidat ke 5 nama saja.

Lima nama tersebut yakni Menparekraf Sandiaga Uno, Menteri BUMN Erick Thohir, mantan Panglima TNI Jenderal (purn) Andika Perkasa, Ketua Umum Partai Demokrat Agus Harimurti Yudhoyono (AHY), dan Ketua Umum PKB Muhaimin Iskandar.

Walau demikian, belakangan Partai Golkar tampak berupaya mendekat ke PDI-P, ditandai dengan pertemuan hangat Airlangga dengan Ketua DPP Bidang Politik PDI-P Puan Maharani beberapa waktu lalu.

Baca juga: Golkar Mulai Usulkan Ridwan Kamil Jadi Bakal Cawapres, PDI-P: Tunggu Megawati Dialog dengan Jokowi

Adi menilai, nama Ridwan Kamil seharusnya masih tetap diperhitungkan karena ia memiliki kelebihan yang tak dipunyai 5 nama beken tadi.

Jawa memang selama ini menjadi kunci karena tingginya jumlah pemilih dari pemilu ke pemilu.

Ganjar dianggap sudah sangat kuat di Jawa Tengah. Di Jawa Timur, Adi meyakini bahwa PDI-P dan Ganjar relatif bersaing di provinsi itu. Di dua provinsi itu, PDI-P menang Pileg 2019.

Namun, di Jawa Barat, PDI-P hanya bisa menempati urutan kedua. Ini lah yang bisa digarap Ridwan Kamil yang juga pernah menjabat Wali Kota Bandung.

"Posisinya saat ini sebagai gubernur saya kira akan berdampak signifikan," ucapnya.

"Lalu, (jika Ridwan Kamil maju), dia diusung Golkar, partai besar. Kalau Ridwan Kamil masuk, jadi duetnya Ganjar, bandul politiknya akan mengarah kepada dua sosok ini," kata Adi.

Baca juga: Tak Lagi Ngotot Dorong Airlangga, Golkar Mulai Tawarkan Ridwan Kamil sebagai Cawapres

Sebelumnya diberitakan, Partai Golkar nampak tak lagi ngotot untuk mendorong ketua umumnya, Airlangga Hartarto sebagai bakal calon wakil presiden.

Halaman:
Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com