Kompas.com - 05/10/2022, 00:00 WIB
|

KOMPAS.com - Tanggal 5 Oktober 2022 jatuh pada hari Rabu. Pada hari ini, umat Hindu di Bali merayakan Buda Wage Klawu.

Selain itu, ada juga peringatan lain hari ini. Berikut beberapa hari penting yang jatuh pada 5 Oktober 2022.

Baca juga: Hari Nasional dan Internasional Bulan Oktober 2022

Buda Wage Klawu

Rahina Buda Cemeng Klawu atau disebut juga Buda Wage Klawu merupakan hari pemujaan terhadap Bhatara Rambut Sedana atau dikenal sebagai Dewi Laksmi yang melimpahkan kemakmuran dan kesejahteraan.

Upacara Buda Cemeng Klawu jatuh pada tanggal 5 Oktober yang bertepatan dengan hari Rabu Wage wuku Klawu dalam kalender Saka Bali.

Pada hari ini, seluruh umat Hindu di Bali menggelar upacara Buda Cemeng Klawu, terutama mereka yang membuka usaha perdagangan, misalnya pedagang di pasar, pemilik warung, restoran, jasa keuangan, hingga perusahaan-perusahaan.

Sesajen khusus akan diletakkan pada setiap tempat yang digunakan untuk menyimpan uang sebagai wujud ungkapan rasa terima kasih atas pemberian Ida Bhatara Sedana atau Dewi Laksmi.

Yom Kippur

Yom Kippur dikenal sebagai Hari Penebusan dan dianggap sebagai hari yang paling suci bagi orang Yahudi. Perayaan ini jatuh pada hari kesepuluh bulan Tisyri, bulan ketujuh dalam kalender Ibrani.

Yom Kippur mengakhiri periode sepuluh hari di bulan Tisyri (biasanya terjadi antara September dan Oktober), yang dikenal sebagai Hari Suci Agung yang dimulai dengan Tahun Baru Yahudi, Rosh Hashanah.

Tahun ini, Yom Kippur akan berakhir pada malam tanggal 5 Oktober. Perayaan berlangsung selama sekitar 25 jam, serta dirayakan dengan puasa dan pembacaan doa bertema penebusan dosa serta pertobatan.

Baca juga: Sambut HUT Ke-77 TNI, 63 Kendaraan Tempur Dipamerkan di Sekitar Istana

Hari Tentara Nasional Indonesia (TNI)

Hari TNI atau Hari Ulang Tahun TNI diperingati setiap tanggal 5 Oktober. Hari ini tidak terlepas dari sejarah terbentuknya TNI sebagai garda terdepan pertahanan negara Indonesia.

TNI lahir di masa mempertahankan kemerdekaan Indonesia dari ancaman Belanda yang kembali ingin menjajah.

Berdirinya TNI berawal dari Badan Keamanan Rakyat (BKR) yang kemudian diubah menjadi Tentara Keamanan Rakyat (TKR) pada tanggal 5 Oktober 1945.

Untuk memperbaiki susunan yang sesuai dengan dasar militer international, TKR kembali diubah menjadi Tentara Republik Indonesia (TRI).

Dalam perkembangan selanjutnya, pemerintah terus berusaha untuk menyempurnakan tentara, sembari bertempur dan berjuang untuk tegaknya kedaulatan dan kemerdekaan bangsa.

Untuk menyatukan dua kekuatan bersenjata, yakni TRI sebagai tentara regular dan badan-badan perjuangan rakyat, maka pada tanggal 3 Juni 1947, presiden resmi mengesahkan Tentara Nasional Indonesia (TNI).

Hari Guru Sedunia

Hari Guru Sedunia diperingati secara global setiap tanggal 5 Oktober. Hari ini merupakan bentuk apresiasi atas jasa semua guru di seluruh dunia.

Hari Guru Sedunia dibuat oleh Organisasi Pendidikan, Ilmu Pengetahuan, dan Kebudayaan Perserikatan Bangsa-bangsa (UNESCO) pada tahun 1994.

Hari ini diharapkan menjadi momentum dalam menetapkan standar mengenai hak dan tanggung jawab guru terkait persiapan awal, rekrutmen, pendidikan, pekerjaan, dan kondisi pembelajaran mereka.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Rekomendasi untuk anda
27th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

Terkini Lainnya

komentar di artikel lainnya
Close Ads
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.

Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.