Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
KILAS

KolaborAksi Nyata, Dompet Dhuafa Terima Investasi Wakaf dari CIMB Niaga Syariah

Kompas.com - 26/08/2022, 15:39 WIB
Dwi NH,
A P Sari

Tim Redaksi

KOMPAS.com - Dompet Dhuafa menerima dana kupon Cash Waqf Linked Sukuk (CWLS) seri Sukuk Wakaf Ritel (SWR) 002 dan 003 dari unit usaha syariah (UUS) PT Bank CIMB Niaga Tbk (CIMB Niaga Syariah) di SMART Ekselensia Indonesia, Parung, Kabupaten Bogor, Jawa Barat (Jabar), Kamis (25/08/2022).

Untuk diketahui, CWLS adalah investasi wakaf uang pada sukuk negara yang imbalannya disalurkan oleh nazir atau pengelola dana dan kegiatan wakaf untuk membiayai program sosial serta pemberdayaan ekonomi umat.

Dompet Dhuafa selaku nazhir menyalurkan dua seri CWLS untuk dua program.

Program pertama adalah pengadaan alat kesehatan di Rumah Sakit (RS) Hasyim Asyari, Jombang, Jawa Timur (Jatim).

Selain RS, SWR 002 juga disalurkan untuk program beasiswa pendidikan bagi para santri di SMART Ekselensia dan E-Tahfidz, Parung, Bogor, Jabar.

Baca juga: Kemenag-LPDP Siapkan 10.000 Kuota Beasiswa Pendidikan Profesi Guru

Sementara itu, CWLS SWR 003 disalurkan untuk program pengadaan kendaraan dakwah.

General Manager Wakaf Dompet Dhuafa Bobby Manullang mengucapkan terima kasih terhadap KolaborAksi yang luar biasa antara pihaknya dengan CIMB Niaga Syariah.

Sebagai nazhir wakaf, kata dia, Dompet Dhuafa juga telah memiliki beragam program wakaf yang sudah berjalan dan berkontribusi dalam hal pemberdayaan umat.

“Salah satu program wakaf itu sekolah SMART Ekselensia Indonesia. Alhamdulillah Dompet Dhuafa melalui instrumen wakaf telah memberikan manfaat yang sangat luas bagi saudara dhuafa kita. Meski minim exposure,” katanya dalam keterangan tertulis yang diterima Kompas.com, Jumat (26/8/2022).

Sebelumnya, dalam agenda tersebut, Dompet Dhuafa mengajak CIMB Niaga Syariah melihat aktivitas santri SMART Ekselensia Indonesia.

Baca juga: Mengenal Fariz, Anak Petani dari Bandung yang Jadi Wisudawan Terbaik SMART Ekselensia Indonesia

SMART Ekselensia Indonesia merupakan salah satu portofolio program pendidikan yang digagas Dompet Dhuafa.

Pada kesempatan tersebut, Philanthropy and Islamic Community Development Head Bank CIMB Niaga Syariah M Irwan Zam Zam mengucapkan kasih terima atas sambutan hangat dari Dompet Dhuafa.

”Terima kasih juga sudah ditemani berkeliling SMART Ekselensia,” ujarnya.

Irwan menjelaskan, CIMB Niaga Syariah telah menyelenggarakan program wakaf uang sejak 2016.

Program wakaf tersebut, kata dia, bertujuan untuk memberikan manfaat seluas-luasnya bagi masyarakat.

Baca juga: Wapres Harap Penyaluran Wakaf Bisa Dilakukan di Kantor Pos

"Penyaluran wakaf untuk program pendidikan adalah pilihan tepat dan strategis. Sebab pendidikan adalah sarana untuk mencetak sumber daya manusia yang berkualitas,” tuturnya.

Irwan berharap, kerja sama CIMB Niaga Syariah dan Dompet Dompet Dhuafa dapat terus berlanjut di seri selanjutnya meski pihaknya baru sekali menggelar program wakaf ini.

“Saya berterima kasih karena dukungan Dompet Dhuafa yang telah mengoptimalkan potensi wakaf melalui instrumen CWLS sehingga bisa memberikan manfaat seluas-luasnya bagi masyarakat,” imbuhnya.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.



Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com