Kompas.com - 15/07/2022, 16:33 WIB

JAKARTA, KOMPAS.com - Mayor Jenderal (Mayjen) Tri Budi Utomo resmi memegang tongkat komando Panglima Komando Daerah Militer (Pangdam) VI/Mulawarman menggantikan Mayjen Teguh Pudjo Rumekso.

Budi resmi menduduki kursi jabatan tersebut setelah melalui prosesi serah terima jabatan (sertijab) yang dipimpin Kepala Staf Angkatan Darat (KSAD) Jenderal Dudung Abdurachman di Markas Besar TNI Angkatan Darat (Mabesad), Jakarta, Jumat (15/7/2022).

“Selamat kepada pejabat baru, jabatan merupakan kehormatan, oleh karenanya jangan pernah ragu-ragu dalam melaksanakan tugas dan tanggung jawab yang diberikan pimpinan,” kata Dudung dalam amanatnya.

Baca juga: KSAD Dudung Tegaskan Daftar TNI Tak Dipungut Biaya

Sebelum resmi mengemban jabatan baru ini, Budi menjabat sebagai Komandan Pasukan Pengamanan Presiden (Danpaspampres).

Sedangkan, Pudjo akan menjabat sebagai Sekretaris Menteri Koordinator Politik, Hukum, dan Keamanan (Sesmenko Polhukam) menggantikan Letjen Mulyo Aji.

Selain pergantian posisi Pangdam VI/Mulawarman, Dudung juga memimpin sertijab di tiga pimpinan jabatan strategis di lingkungan TNI AD lainnya.

Jabatan tersebut meliputi Inspektur Jenderal TNI Angkatan Darat (Irjenad), dari Letjen Rudianto kepada Mayjen Richard T H Tampubolon.

Lalu, Pangdam XVI/Pattimura, dari Mayjen Richard T H Tampubolon kepada Mayjen Ruruh A Setyawibawa.

Berikutnya, Kepala Dinas Penelitian dan Pengembangan TNI AD (Kadislitbangad), dari Brigjen Terry Tresna Purnama kepada Kolonel Inf Jajat Sudrajat.

Baca juga: Danpaspampres Mayjen Budi Utomo Dapat Promosi Jadi Pangdam Mulawarman

Dudung mengingatkan bahwa seorang pemimpin harus mempunyai rasa memiliki.

Menurutnya, rasa memiliki ini muncul apabila seorang pemimpin memiliki rasa persaudaraan, kebersamaan dan rasa penderitaan antara pimpinan dengan bawahan.

“Rasa ini setiap saat harus dirasakan, sehingga akan muncul rasa memiliki antara pimpinan dengan bawahan di manapun berada dan bertugas,” ujar dia.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Rekomendasi untuk anda
27th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

Terkini Lainnya

komentar di artikel lainnya
Close Ads
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.

Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.