Kompas.com - 02/07/2022, 14:19 WIB

JAKARTA, KOMPAS.com - Karangan bunga dukacita dari sejumlah instansi masih berdatangan ke rumah duka almarhum Tjahjo Kumolo di Kompleks Kediaman Menteri, Widya Chandra, Jakarta Selatan, Sabtu (2/7/2022).

Salah seorang petugas pengantar karangan bunga, M Dalih yang ditemui di lokasi mengatakan, dirinya baru saja mengantar dua karangan bunga.

Masing-masing dari Aksi Cepat Tanggap (ACT) dan organisasi kesultanan Nusantara.

"Saya dari Toko Bunga Gami. Ya baru ngantar lagi. Semalam sudah dua kali sampai jam 12 malam terus ini dapat lagi dua baru saya antar lagi," kata Dalih.

Baca juga: Menko Muhadjir Terkejut Tjahjo Berpulang, Baru Jenguk Dua Hari Lalu

Dia menambahkan, sejak Jumat (1/7/2022) karangan bunga yang dikirimkan berbagai pihak memang banyak.

"Iya Alhamdullilah (banyak). Tapi saya orang kerja. (Toko bunga) bukan punya saya," tutur Dalih.

Pantauan Kompas.com, selain berada di dalam halaman rumah duka, karangan bunga juga ditempatkan di luar pagar.

Selain itu, tampak ratusan karangan bunga masih berjajar di sejumlah ruas jalan yang menjadi kawasan masuk menuju rumah duka almarhum Tjahjo Kumolo.

Karangan bunga berasal dari berbagai tokoh, antara lain Presiden Joko Widodo, Wakil Presiden Ma'ruf Amin, Kapolri Listyo Sigit, Menkeu Sri Mulyani dan Ketua Umum PDI-P Megawati Soekarnoputri.

Baca juga: Tjahjo Kumolo dalam Kenangan Kepala Negara, Rekan Menteri, Politisi hingga Anak Buahnya...

Selain itu ada pula karangan bunga dari keluarga besar Kemenpan RB, keluarga besar FH Undip, Keluarga Besar Kemenhub, Sri Sultan Hamengkubuwono ke X dan GKR Hemas, Ridwan Kamil dan Atalia Kamil, keluarga Japto Soerjosoemarno, UNDP, Telkomsel, keluarga besar KPU RI, Gubernur BI Perry Warjiyo dan keluarga Abdurrahman Wahid.

Menteri Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi (MenpanRB) Tjahjo Kumolo tutup usia pada Jumat (1/7/2022) di RS Abdi Waluyo, Jakarta Pusat.

Mantan Menteri Dalam Negeri itu meninggal dunia setelah dirawat intensif selama 13 hari di rumah sakit akibat infeksi organ perut dan organ dalam lainnya.

Jenazah almarhum dimakamkan di TMP Kalibata pada Jumat sore.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.

 
Pilihan Untukmu


Video Pilihan

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

Terkini Lainnya

komentar di artikel lainnya
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.