Kompas.com - 29/06/2022, 16:55 WIB

JAKARTA, KOMPAS.com - Kepala Kepolisian Negara Republik Indonesia (Kapolri) Jenderal Pol Listyo Sigit Prabowo menaikkan pangkat dua pegawai negeri sipil (PNS) di Polri menjadi golongan 4 atau setara Brigadir Jenderal (Brigjen).

Kepala Divisi Humas Polri Irjen Dedi Prasetyo mengatakan, kenaikan golongan ini merupakan kali pertama dalam sejarah Polri.

"Ini pertama kali dalam sejarah Polri, pada hari ini Bapak Kapolri juga korps rapor kenaikan pangkat PNS Polri, yaitu golongan 4 atau setingkat bintang satu," kata Dedi di Mabes Polri, Jakarta, Rabu (29/6/2022).

Baca juga: Kapolri Kukuhkan Kapolda Lampung, Kapolda Gorontalo, dan Kapolda Papua Barat

Dedi menjelaskan, dua PNS itu adalah dokter spesialis THT Jozyta Rachman dan dokter spesialis kesehatan jiwa Witri Narhadiningsih.

"Untuk namanya nih dokter perempuan semua ya, yaitu dokter Jozyta Rachman spesialis THT, kemudian dokter Witri Narhadiningsih, spesialis kesehatan jiwa," ujar dia.

Selain itu, Dedi mengatakan Kapolri juga melantik peresmian pangkat ratusan perwira tinggi (pati) perwira menengah (pamen), perwira pertama di lingkungan Korps Bhayangkara.

Salah satu pati yang dinaikkan pangkatnya yakni seorang polisi wanita (polwan) Irjen Juansih.

"Termasuk tadi pengukuhan untuk kenaikan pangkat Irjen Pol Juansih, polwan dengan pangkat bintang dua," ujarnya.

Baca juga: Hoegeng Imam Santoso, Kapolri Pendukung Petisi 50

Adapun dalam pelantikan tersebut, Kapolda Lampung Irjen Akhmad Wiyagus, Kapolda Gorontalo Irjen Helmy Santika, dan Kapolda Papua Barat Irjen Daniel Tahi Silitonga juga ditelah dikukuhan oleh Kapolri.

Kemudian, Kapolri juga melantik Komandan Korps Brimob (Dankor Brimob) Polri Komjen Anang Revandoko sertakenaikan pangkat dengan beberapa golongan lainnya. Di antaranya 6 Inspektur Jenderal (Irjen) dan 8 Brigadir Jenderal (Brigjen).

Sementara itu, ada juga kenaikan pangkat Komisaris Besar (Kombes) sebanyak 110 perwira menengah (pamen), 443 AKBP, 303 Komisaris Polisi (Kompol).

"Kemudian AKP ada 205, Iptu 572, kemudian Ipda ada 597," ujarnya.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.

 
Pilihan Untukmu


Video Pilihan

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

Terkini Lainnya

komentar di artikel lainnya
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.