Kompas.com - 02/06/2022, 14:13 WIB

JAKARTA, KOMPAS.com - Menteri Sekretaris Negara (Mensesneg) Pratikno menyatakan bahwa tidak ada kerenggangan hubungan antara Presiden Joko Widodo (Jokowi) dengan PDI-P.

Menurut Pratikno, hubungan antara Jokowi dengan PDI-P justru sangat baik.

"Huh enggak, hubungan baik-baik saja. Sangat baik-baik saja. Tidak ada istilah memanas, tidak ada, sangat sangat-sangat baik," kata Pratikno ditemui di Kompleks Parlemen Senayan, Jakarta, Kamis (2/6/2022).

Pratikno menyampaikan hal itu setelah hubungan Jokowi dan PDI-P dikabarkan renggang, usai Jokowi menyampaikan pernyataan ihwal pencapresan kepada relawan pendukungnya, Pro Jokowi (Projo).

Menurut Pratikno, situasi politik di Indonesia saat ini dengan pemerintah, termasuk presiden baik-baik saja.

Baca juga: Politisi PDI-P: Ganjar 8 Tahun Jadi Gubernur Selain Main Medsos, Apa Kinerjanya?

Ia menilai, hal-hal mengenai ketidakhadiran salah satunya, baik Jokowi ke acara PDI-P maupun sebaliknya, tidak perlu diinterpretasikan sebagai renggangnya hubungan.

"Pokoknya tidak ada masalah dengan perpolitikan kita," tegasnya.

Di sisi lain, ketika Ketum PDI-P Megawati Soekarnoputri tidak hadir saat kunjungan Jokowi ke Ende, Nusa Tenggara Timur juga tidak bisa jadi alasan menilai renggangnya hubungan.

Pratikno berpandangan, ketidakhadiran Mega karena sejumlah faktor.

"Beliau (Megawati) kan barusan tiba juga dari luar negeri. Itu juga harus diperhitungkan. Baik-baik enggak ada masalah," tutur Pratikno.

Sementara itu, sebelumnya Ketua DPP PDI-P Bambang Wuryanto menepis isu merenggangnya hubungan antara Presiden Jokowi dan Ketum PDI-P Megawati Soekarnoputri setelah Jokowi bicara soal pencapresan di acara Pro Jokowi, beberapa waktu lalu.

Baca juga: Upacara Hari Lahir Pancasila PDI-P di Pinggir Sungai Bengawan Solo, Tak Dihadiri Gibran

Pria yang biasa dipanggil Bambang Pacul itu pun menjamin Jokowi tidak akan pernah bertabrakan dengan Megawati karena menurutnya Jokowi adalah orang yang menghormati budaya dan berbudi.

"Tahu budi, itu pasti, karena itu kultur, Pak Jokowi pasti tahu. Enggak mungkin, one hundred percent saya jamin bahwa Pak Jokowi tidak akan pernah bertabrakan dengan Ibu Ketua Umum," kata Bambang di Kompleks Parlemen, Jakarta, Selasa (31/5/2022).

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Rekomendasi untuk anda
27th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.

Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.