Kompas.com - 24/05/2022, 07:26 WIB

JAKARTA, KOMPAS.com - Partai Mahasiswa Indonesia yang muncul secara tiba-tiba pada bulan lalu kembali dipersoalkan.

Bila sebelumnya keberadaan partai ini dikritik oleh sejumlah elemen, baik itu mahasiswa hingga aktivis, kini partai yang dipimpin oleh Eko Pratama itu dipersoalkan oleh Partai Kristen Indonesia (Parkindo) 1945.

Diketahui, Kementerian Hukum dan HAM sebelumnya menyebut bahwa Partai Mahasiswa Indonesia merupakan perubahan dari Parkindo 1945.

"Ya benar (Partai Mahasiswa perubahan dari Parkindo 1945)," ujar Direktur Tata Negara Kementerian Hukum dan HAM (Kemenkumham) Baroto kepada Kompas.com, pada 26 April lalu.

Kendati demikian, tidak dijelaskan bagaimana partai yang beralamatkan di Jalan Duren Tiga Raya Nomor 19D, Duren Tiga, Pancoran, Jakarta Selatan itu mengalami perubahan nama dari Parkindo 1945.

Baca juga: Namanya Diganti Jadi Partai Mahasiswa Indonesia, Parkindo 1945: Ini Cacat Hukum

Dinilai cacat hukum

Sejumlah kader Parkindo 1945 pun telah menyambangi kantor Kemenkumham untuk melayangkan protes atas perubahan nama partai mereka menjadi Partai Mahasiswa Indonesia.

Menurut mereka, Partai Mahasiswa Indonesia tidak jelas.

"Partai Mahasiswa Indonesia ini menurut kami ini tidak jelas ya. Ini cacat hukum ya. Ada orang bilang siluman. Kita enggak tahu. Kok bisa terjadi itu?" ujar kuasa hukum Parkindo 1945, Finsensius Mendrofa, saat ditemui di Gedung Kemenkumham, Jakarta Selatan, Senin (23/5/2022).

Menurut dia, perubahan nama ini terjadi secara tiba-tiba dan tanpa pemberitahuan. 

Halaman:


Video Pilihan

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.