Kompas.com - 11/05/2022, 20:50 WIB
|

JAKARTA, KOMPAS.com - Menteri Koordinator Bidang Pembangunan Manusia dan Kebudyaan Muhadjir Effendy menyebutkan, jumlah kecelakaan yang terjadi sepanjang libur Lebaran tahun 2022 turun drastis dibandingkan tahun 2019.

"Alhamdulillah, terutama yang paling menggembirakan pada kita itu adalah angka kecelakaan menurun drastis dibanding 2019," kata Muhadjir di Istana Wakil Presiden, Jakarta, Rabu (11/5/2022).

Mengutip data Jasa Raharja, Muhadjir menyebutkan, angka kasus kecelakaan pada musim mudik Lebaran turun sampai 29 persen.

Sementara itu, jumlah kecelakaan yang menyebabkan korban meninggal dunia turun 56 persen, sedangkan kecelakaan yang menyebabkan korban luka-luka turun 30 persen.

Baca juga: Pelaksanaan Mudik Lebaran 2022 Dapat Apresasi dari Presiden Jokowi

"Premi yang dibayar oleh Jasa Raharja turun juga, sekarang ini turun sekitar 30 persen," kata Muhadjir.

Ia melanjutkan, jumlah kecelakaan di tempat wisata juga tidak mencolok, karena hanya ada satu kecelakaan serius yakni ambrolnya perosotan kolam renang di Kenjeran Park, Surabaya, pada Sabtu (7/5/2022) yang menyebabkan 16 korban luka-luka.

Padahal, kata Muhadjir, pemerintah justru mewaspadai potensi kecelakaan di sejumlah destinasi wisata yang terletak di pantai selatan Pulau Jawa.

"Ini yang termasuk menjadi concern dari Bapak Presiden, hindari betul terjadinya kecelakaan-kecelakaan," kata dia.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.

 
Pilihan Untukmu


Video Pilihan

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

Terkini Lainnya

komentar di artikel lainnya
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.