Kompas.com - 22/03/2022, 16:23 WIB

JAKARTA, KOMPAS.com - Menteri Komunikasi dan Informatika Johnny G Plate menyebutkan, distribusi set top box (STB) untuk rumah tangga miskin akan dilakukan dari rumah ke rumah.

Hal ini dilakukan terkait keputusan pemerintah untuk menghentikan siaran tv analog bertahap mulai April 2022.

Johnny menjelaskan, proses verifikasi dan validasi penerima STB akan dilakukan pada saat distribusi dan instalasi, mulai 15 Maret 2022 hingga 30 April 2022.

"Proses distribusi set top box untuk rumah tangga miskin dilakukan secara door to door ke penerima set top box yang proses verifikasi dan valiadasi data penerima bantuan akan dilakukan bersamaan pada saat distribusi dan instalasi," kata Johnny dalam rapat dengan Komisi I DPR, Selasa (22/3/2022).

Baca juga: Migrasi ke TV Digital, Ini Alur Distribusi Set Top Box ke Rumah Tangga Miskin

Ia menuturkan, pengadaan STB untuk rumah tangga miskin dilakukan oleh Kementeriam Kominfo bersama lembaga penyiaran swasta (LPS) penyelenggara multipleksing.

Pengadaan oleh pemerintah dilakukan melalui e-katalog Lembaga Kebijakan Pengadaan Barang/Jasa Pemerintah (LKPP) dan mengutamakan produksi dalam negeri.

"Sedangkan pengadaan set top box oleh LPS penyelenggara multipleksing diserahkan kepada masing-masing penyelenggara multipleksing," ujar Johnny.

Baca juga: Daftar 23 STB untuk Siaran TV Digital yang Mendapat Sertifikasi Kominfo

Ia melanjutkan, hingga kini masih ada kekurangan kebutuhan set top box untuk rumah tangga miskin sebanyak 152.565 unit pada tahap kedua analog switch off, dan 1.369.611 unit pada tahap ketiga analog switch off.

"Kita terus carikan jalan keluarnya untuk pemenuhan kebutuhannya karena belum tersedia di dalam anggaran pemerintah," kata Johnny.

Seperti diketahui, pemerintah akan membagikan set top box tv digital kepada masyarakat kurang mampu dalam rangka penghentian siaran televisi analog atau analog switch off (ASO).

Bantuan STB gratis ini membuat masyarakat tidak perlu mengganti TV analog mereka dengan yang baru, dan cukup memasangkan piranti STB agar masyarakat dapat menikmati siaran TV melalui saluran digital.

Pemerintah akan memulai tahap pertama analog switch off pada 30 April 2022.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.

 
Pilihan Untukmu


Video Pilihan

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

Terkini Lainnya

komentar di artikel lainnya
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.