Kompas.com - 20/02/2022, 16:36 WIB
Penulis Irfan Kamil
|

JAKARTA, KOMPAS.com - Hasil survei Indikator Politik Indonesia menujukan, sebanyak 86,3 persen responden tahu bahwa sudah ada sejumlah warga negara Indonesia positif Covid-19 varian Omicron.

Sementara itu, 13,7 persen responden menyatakan tidak mengetahui hal tersebut. Adapun hasil itu diketahui dari survei yang dilakukan pada 15 Januari hingga 17 Februari 2022.

Peneliti Senior Indikator Politik Indonesia, Rizka Halida mengatakan, dari 86,3 persen yang tahu virus tersebut telah ada di Indonesia, ada 66,8 persen yang merasa khawatir.

Baca juga: Survei Indikator: 61,5 Persen Responden Setuju Vaksin Booster, 32,2 Persen Tak Setuju

"Mayoritas tahu 86,3 persen dan di antara yang tahu, mayoritas merasa cukup atau sangat khawatir terpapar varian Omicron 66.8 persen," ujar Rizka dalam rilis survei virtual, Minggu (20/2/2022).

Adapun 66,8 persen itu merupakan gabungan dari 25,8 persen yang sangat khawatir dan 41 persen yang cukup khawatir.

Sementara itu, 28,5 persen menjawab biasa saja, 2,2 persen tidak khawatir, 1,7 persen tidak khawatir sama sekali dan 0,8 persen tidak tahu atau tidak jawab.

Baca juga: 52,5 Persen Responden Survei Indikator Tak Setuju Tes PCR Jadi Syarat Perjalanan, 40,4 Persen Setuju

Untuk diketahui, sampel dalam survei ini ditentukan secara acak dari warga negara yang berusia 17 tahun ke atas atau sudah menikah dan memiliki akses internet lewat smartphone.

Dari populasi tersebut, diperoleh sampel secara acak sebanyak 626 responsden melalui wawancara online dengan metode simple random sampling.

Tingkat kepercayaan survei ini berada pada angka 95 persen dengan margin of error penelitian sekitar ± 4 persen.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Video Pilihan

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

Terkini Lainnya

komentar di artikel lainnya
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.