Kompas.com - 06/01/2022, 09:55 WIB

JAKARTA, KOMPAS.com - Menteri Kesehatan Budi Gunadi Sadikin memprediksi, kasus Covid-19 dari penularan varian virus Corona B.1.1.529 atau Omicron akan menyebar lebih cepat di kota-kota besar.

Sebab, kata dia, populasi penduduk dan pergerakan individu di kota-kota besar lebih tinggi.

"Jadi pasti akan di big cities, yang nanti kenaikannya cepat karena kepadatannya tinggi dan interaksi dan pergerakan orangnya juga tinggi, pasti akan terjadi di sana," kata Budi dalam program acara Kompas TV "Satu Meja The Forum", Rabu (5/1/2022).

Baca juga: 177 Pasien Omicron Dirawat di Wisma Atlet, 41 di Antaranya Sudah Sembuh

Budi mengatakan, dalam mengantisipasi lonjakan kasus di kota-kota besar tersebut, pihaknya sudah melakukan pemeriksaan terkait kesiapan dua kota besar, yaitu Jakarta dan Surabaya dalam menghadapi peningkatan kasus Covid-19 dari varian Omicron.

"Begitu kita tahu ada transmisi lokal, kita pastikan Jakarta dan juga Surabaya siap kalau misalnya nanti akan ada kenaikan kasus," ujar dia.

Budi juga mengatakan, empat strategi penanganan pandemi Covid-19 harus dilakukan dengan disiplin, yakni protokol kesehatan, surveilans, perawatan di rumah sakit dan vaksinasi.

Ia juga meminta masyarakat disiplin menggunakan aplikasi PeduliLindungi agar dapat memudahkan dalam melakukan pelacakan kontak erat (tracing).

"Karena dengan data PeduliLindungi kita bisa lihat dengan cepat itu," ucap dia.

Baca juga: Varian Omicron Melonjak di Jakarta, Akankah Kengerian Kasus Covid-19 Tahun Lalu Terulang?

Terkait pemeriksaan (testing), Budi mengatakan, untuk mendeteksi varian Omicron bisa diketahui dalam kurun waktu 4-6 jam dengan menggunakan tes PCR dengan teknologi reagen baru.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Video Pilihan

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.