Kompas.com - 25/12/2021, 06:54 WIB

JAKARTA, KOMPAS.com - Suasana tegang yang menyelimuti Muktamar ke-34 Nahdlatul Ulama di Lampung sirna setelah pemilihan ketua umum Pengurus Besar Nahdlatul Ulama (PBNU) rampung pada Jumat (24/12/2021).

Berdasarkan hasil pemungutan suara, Yahya Cholil Staquf terpilih sebagai ketua umum PBNU periode 2021-2026 setelah meraih 337 suara, mengungguli calon petahana Said Aqil Siradj.

Momen menyentuh sudah terjadi ketika penghitungan suara telah mencapai 20 suara terakhir, saat itu Yahya beranjak dari ruangan menuju kursi di depan panggung arena muktamar.

Gus Yahya, sapaan akrab Yahya, mendatangi Said Aqil dan mencium tangan pesainganya itu. Usai penetapan suara, Gus Yahya mengatakan, Said adalah guru yang telah menggembleng dan mendidiknya.

Baca juga: Saat Yahya Staquf Cium Tangan Said Aqil yang Ia Ungguli di Pemilihan Ketum PBNU...

"Yang paling awal ingin saya haturkan, terima kasih saya adalah kepada guru saya yang mendidik saya, menggembleng saya, menguji saya, tapi juga membukakan jalan untuk saya dan membesarkan saya, KH Said Aqil Siradj," kata Yahya.

"Saya tidak tahu apakah cukup umur saya untuk membalas jasa-jasa beliau. Kalau ini disebut keberhasilan, sesungguhnya ini adalah milik beliau. Kalau ada yang patut dipuji dari semua ini, pujian ini milik beliau,” kata Yahya.

Baca juga: Saat M Nuh Tak Kuasa Tahan Tangis Kala Mengenang Insiden Muktamar NU 2015, Apa yang Terjadi?

Dalam kesempatan yang sama, Said Aqil juga mendoakan agar Yahya sukses memimpin PBNU lima tahun ke depan. Said juga mengaku bersyukur dan bangga atas terpilihnya Yahya.

"Yang terhormat, Gus Yahya Staquf, mudah-mudahan Allah memberi kekuatan lahir batin kepada beliau sehingga mampu memimpin NU ke depan, lebih baik lagi, lebih sempurna lagi," ujar Said.

Ketum PBNU dua periode itu juga mengajak seluruh warga NU untuk kembali bersatu membesarkan NU setelah melalui dinamika muktamar yang sempat memanas.

Baca juga: Tangisan Gus Mus yang Menyadarkan

Halaman:


Video Pilihan

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

Terkini Lainnya

komentar di artikel lainnya
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.