Kompas.com - 18/11/2021, 16:41 WIB

JAKARTA, KOMPAS.com - Anggota Komisi IX DPR Rahmad Handoyo mendukung rencana pemberlakuan pembatasan kegiatan masyarakat (PPKM) level 3 di seluruh wilayah pada libur Natal 2021 dan tahun baru 2022.

Rahmad berpendapat, keputusan pemerintah itu merupakan bentuk antisipasi agar gelombang ketiga penularan Covid-19 tidak terjadi di Indonesia.

"Apa yang dilakukan oleh pemerintah ini saya kira sudah tepat ya sebagai bentuk antisipasi, sebagai bentuk peringatan, dan persiapan dini agar gelombang ketiga tidak muncul kembali atau tidak datanglah," kata Rahmad, kepada wartawan, Kamis (18/11/2021).

Baca juga: PPKM Level 3 pada Libur Nataru, Berlaku 24 Desember hingga Larangan Pesta Kembang Api

Rahmad menuturkan, World Health Organizations, epidemiolog, dan para pengamat pun sudah mengingatkan bahwa penularan Covid-19 dapat kembali melonjak jika tidak diantisipasi.

Oleh sebab itu, Rahmad menilai keputusan pemerintah untuk menerapkan PPKM Level 3 serta menghapus libur panjang dan cuti bersama dapat mencegah terjadinya lonjakan kasus.

Politisi PDI-P itu menegaskan, lonjakan kasus dapat kembali terjadi apabila masyarakat abai dengan protokol kesehatan serta melakukan mudik ke daerah-daerah pada masa libur Natal dan tahun baru nanti.

"Itu bentuk kesiapsiagaan, bentuk antisipasi dan bentuk preventif agar masyarakat tahu bahwa ancaman Nataru itu akan nyata kalo kita lalai," kata Rahmad.

Baca juga: Ada Rencana PPKM Level 3, Muktamar Ke-34 NU Ditunda

Rahmad pun mengajak seluruh pihak untuk mengurangi mobilitas pada masa libur Natal dan tahun baru serta terus menjaga protokol kesehatan.

Sebelumnya, Menteri Koordinator Bidang Pembangunan Manusia dan Kebudayaan (Menko PMK) Muhadjir Effendy mengatakan, penerapan PPKM level 3 di seluruh wilayah akan berlaku mulai 24 Desember 2021.

Kebijakan tersebut rencananya berlangsung selama lebih kurang satu pekan, yakni hingga 2 Januari 2021.

kebijakan tersebut akan diterapkan setelah Kementerian Dalam Negeri (Kemendagri) menerbitkan instruksi mendagri (inmendagri) terbaru.

Inmedagri merupakan pedoman pelaksanaan pengendalian penanganan Covid-19 selama masa libur Natal dan tahun baru. Selambat-lambatnya, inmendagri tersebut akan ditetapkan pada 22 November 2021.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Video Pilihan

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

Terkini Lainnya

komentar di artikel lainnya
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.