Wapres Tekankan Pentingnya Pemberdayaan UMKM dalam Pengentasan Kemiskinan

Kompas.com - 16/11/2021, 14:01 WIB

JAKARTA, KOMPAS.com - Wakil Presiden Ma'ruf Amin mengatakan, program pendampingan usaha bagi para pelaku usaha mikro, kecil, dan menengah (UMKM) merupakan salah satu upaya pemerintah dalam pengentasan kemiskinan.

Hal tersebut disampaikan Ma'ruf saat memimpin rapat Pemberdayaan Ekonomi Masyarakat dan Pelayanan Publik di Kantor Gubernur Aceh, Banda Aceh, Selasa (16/11/2021).

Menurut Ma'ruf, pemberdayaan UMKM melalui pendampingan usaha diperlukan agar pengentasan kemiskinan membawa dampak yang berkelanjutan.

“Salah satu upaya pemberdayaan adalah mendorong pemberdayaan usaha mikro, termasuk usaha rumah tangga, kecil dan menengah. Salah satu bentuk pelayanan publik adalah memfasilitasi dan memberikan pendampingan kepada UMKM ini,” kata Ma'ruf, dikutip dari siaran pers.

Baca juga: Total Anggaran untuk Serap Produk UMKM Capai Rp 447 Triliun

Ma'ruf mengatakan, pengentasan kemiskinan merupakan program prioritas pemerintah, baik pusat maupun daerah.

Dengan demikian, berbagai upaya pun dilakukan untuk menyukseskan program tersebut yang salah satunya adalah melakukan pendampingan.

Ma'ruf mencontohkan pendampingan yang dapat diberikan kepada para pelaku UMKM. Misalnya dengan memberikan pelatihan peningkatan kualitas desain kemasan, foto produk, hingga pemasaran digital secara gratis.

“Tidak kalah penting adalah kemudahan dalam pemberian izin usaha. Saya mendengar, Pemerintah Provinsi Aceh sudah menerapkan online single submission (OSS) melalui Dinas Penanaman Modal dan Pelayanan Terpadu Satu Pintu,” kata dia.

Baca juga: Jokowi Ingin G20 Dorong Penguatan UMKM dan Perempuan

Oleh karena itu, Ma'ruf pun meminta jajaran Pemerintah Provinsi Aceh untuk berbagi pengalaman, inovasi, dan kendala yang dihadapi agar nantinya program OSS dapat direplikasi di kabupaten/kota lainnya.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Video Pilihan

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.