Jokowi Bertolak ke Roma, RI Akan Terima Presidensi G20 dari Italia

Kompas.com - 29/10/2021, 11:01 WIB

JAKARTA, KOMPAS.com - Presiden Joko Widodo bertolak ke Roma, Italia, pada Jumat (29/10/2021).

Jokowi dijadwalkan menghadiri Konferensi Tingkat Tinggi Group of Twenty (KTT G20) pada 30-31 Oktober 2021. Dalam pertemuan itu Indonesia akan menerima Presidensi G20.

"Di akhir KTT Indonesia akan menerima keketuaan Presidensi G20 dari Italia," kata Jokowi dalam tayangan YouTube Sekretariat Presiden, Jumat.

Keketuaan Indonesia akan dimulai pada 1 Desember 2021 hingga 30 November 2022. Kegiatan G20 di bawah kepemimpinan Indonesia sendiri akan dimulai pada Desember tahun ini.

"Ini merupakan sebuah kehormatan bagi kita, bagi Indonesia dan sekaligus tanggung jawab yang besar yang harus kita jalankan dengan baik," ucap Jokowi.

Selain hadir dalam acara utama G20, di Roma Presiden juga diminta untuk berbicara dalam side event mengenai UMKM dan peran perempuan.

Baca juga: Soal Isu Perubahan Iklim, Jokowi: Kita Tak Ingin Ikut Dalam Retorika yang Tak Dapat Dijalankan

Undangan ini, kata Jokowi, menunjukkan pengakuan dunia atas kebijakan keberpihakan RI pada UMKM dan peran perempuan di dalamnya.

"Selain itu saya akan melakukan berbagai pertemuan-pertemuan bilateral dengan sejumlah pemimpin dunia," kata Kepala Negara.

Dari Roma, Jokowi akan bertolak ke Glasgow, Skotlandia, untuk menghadiri KTT tentang perubahan iklim, COP 26.

KTT yang akan berlangsung pada 1-2 November itu dipimpin langsung oleh Perdana Menteri Inggris Boris Johnson dan dihadiri sekitar 120 kepala negara dan kepala pemerintahan.

Halaman:


Video Pilihan

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

Terkini Lainnya

komentar di artikel lainnya
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.