Groundbreaking Papua Creative Hub, Kepala BIN: Presiden Kembali Tunjukkan Perhatian

Kompas.com - 02/10/2021, 14:44 WIB
|
Editor Bayu Galih

JAKARTA, KOMPAS.com - Kepala Badan Intelijen Nasional (BIN) Budi Gunawan mengatakan, pembangunan Papua Youth Creative Hub merupakan bentuk perhatian Presiden Joko Widodo pada Tanah Papua.

Hal itu ia katakan dalam acara peletakan batu pertama (groundbreaking) di Papua Youth Creative Hub di Jayapura, Sabtu (2/10/2021).

"Bapak Presiden kembali menunjukan perhatian yang sangat luar biasa kepada Tanah Papua khususnya dengan menberiak hadiah yang sangat istimewa berupa pembangunan gedung Papua Youth Creative Hub," kata Budi dalam siaran YouTube Sekretariat Presiden, Sabtu (2/10/2021).

Baca juga: Jokowi: Kita Patut Bersyukur Papua Kini Memiliki Berbagai Venue Olahraga Berstandar Internasional

Budi mengatakan, acara groundbreaking itu merupakan tindaklanjut dari pertemuan Jokowi dengan Komunitas Pemuda Papua Inspiratif pada 11 September 2019.

Adapun pembangunan Papua Youth Creative Hub ini sesuai dengan masterplan-nya, akan dibangun dua lantai yang terdiri dari lantai pertama untuk lobi, Cofee Shop Papua Blend.

Kemudian coworking space, perpustakaan, galeri kemudian minimarket UMKM store, ruang training, ruang ibadah.

"Lantai dua diperuntukan untuk convention hall, kantor sekretariat, ruang seni musik dan hiburan, ruang bahasa, ruang coding dan programming, ruang kewirausahaan dan ruang konseling di bidang kesehatan," ujar dia.

Baca juga: Ketua DPR Harap Fasilitas Olahraga di Papua Dapat Dimanfaatkan Rakyat Setelah PON Usai

Selain itu, di kompleks Papua Youth Creative Hub juga akan dibangun gedung asrama untuk pria dan wanita, lapangan olahraga multifungsi indoor maupun outdoor serta taman.

Groundbreaking kali ini, lanjut Budi, akan menjadi tonggak sejarah simbol pemersatu sekaligus pelopor kemajuan bagi generasi muda Papua.

Terutama, untuk mengeksploitasi talenta muda yang telah dikembangkan di tujuh wilayah adat sudah beranggotakan sebanyak 7.025 orang di Provinsi Papua dan Provinsi Papua Barat.

Baca juga: Menhan Prabowo Tinjau Kesiapan RS Modular untuk PON XX di Merauke

"Adapun bidang udaha yang telah dirintis dan terus akan dikembangkan yang pertama pengembangan wirausaha, UMKM melalui penciptaan 1.000 pengusaha muda baru yang saat ini sudah terbina sekitar 271 usahawan di wilayah Papua dan 75 di Papua Barat," ucap dia.

Pembangunan Papua Creative Hub ini ditargetkan akan selesai pada 22 Desember 2022 mendatang.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Video Pilihan

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.