Kompas.com - 28/09/2021, 11:28 WIB

JAKARTA, KOMPAS.com - Dewan Pimpinan Pusat (DPP) Partai Golkar akan mengumumkan nama wakil ketua Dewan Perwakilan Rakyat (DPR) pengganti Azis Syamsuddin, Rabu (28/9/2021).

Adapun pengumuman tersebut akan disampaikan langsung Ketua Umum Partai Golkar Airlangga Hartarto.

"Betul akan disampaikan besok Rabu oleh Pak Airlangga," kata Ketua DPP Partai Golkar Adies Kadir saat dikonfirmasi Kompas.com, Selasa (28/9/2021).

Baca juga: Wakil Kasatreskrim Polrestabes Semarang Kenalkan Stepanus Robin ke Azis Syamsuddin

Adies tak menjelaskan lebih lanjut apa alasan Golkar akan mengumumkan sosok pengganti Azis pada Rabu besok.

Namun diketahui, pada Senin (27/9/2021) malam, DPP Golkar telah mengadakan rapat pleno internal di Kantor DPP, Slipi, Jakarta.

Adies juga membenarkan bahwa rapat tersebut menentukan tiga jabatan kosong di DPP Golkar, yakni Wakil Ketua Umum Bidang Polhukam, Wakil Ketua Umum Bidang Sosial, dan Wakil Ketua Umum Bidang Strategis.

Hingga kini, belum ada pernyataan resmi dari DPP Golkar terkait siapa sosok pengganti Azis Syamsuddin yang sebelumnya menyatakan mundur sebagai Wakil Ketua DPR.

Namun, muncul nama Sekretaris Jenderal Partai Golkar Lodewijk F Paulus yang disebut-sebut ditunjuk Airlangga sebagai Wakil Ketua DPR menggantikan Azis.

Ketua Badan Advokasi Hukum dan HAM Partai Golkar Supriansa mengatakan, Lodewijk merupakan salah satu nama yang dipertimbangkan oleh Ketua Umum Partai Golkar Airlangga Hartarto.

"Pak Sekjen adalah bagian daripada yang menjadi perhatian Pak Ketua Umum. Karena memiliki banyak kelebihan," kata Supriansa di Kompleks Parlemen, Jakarta, Senin (27/9/2021), dikutip dari Tribunnews.com.

Ketua DPP Partai Golkar Firman Soebagyo mengatakan, Lodewijk dipilih untuk mencegah munculnya faksi-faksi di Golkar pasca-mundurnya Azis dari pimpinan DPR.

Ia pun menyebutkan bahwa Lodewijk merupakan orang yang sangat dekat dengan Airlangga. Sebagai bukti, mantan komandan jenderal Kopassus itu menjabat sebagai sekjen Golkar selama dua periode.

"Sekjen itu kan tanda tangan bersama beliau (Airlangga). Sekjen itu kayak suami istri, sangat dekatlah," tutur Firman.

Diketahui, Azis menyatakan mundur dari posisinya sebagai Wakil Keteua DPR dari Fraksi Golkar. Surat pengunduran diri itu telah disampaikan Azis kepada DPP Partai Golkar.

Baca juga: Menanti Wakil Ketua DPR Pengganti Azis Syamsuddin

"Partai Golkar dengan ini memberitahukan bahwa saudara Azis Syamsuddin telah menyampaikan surat pengunduran dirinya sebagai Wakil Ketua DPR RI periode 2019-2024 kepada DPP Partai Golkar, Ketua Umum DPP Partai Golkar," kata Adies saat konferensi pers di Fraksi Golkar DPR, Jakarta, Sabtu (25/9/2021).

Adies mengatakan, terkait pengganti Azis di DPR akan dilakukan dalam waktu dekat. Meski begitu, Sekretaris Fraksi Golkar itu tak menyebut secara pasti kapan pengganti Azis akan diumumkan.

Azis Syamsuddin sendiri resmi ditahan Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) pada Sabtu dini hari. Azis ditetapkan sebagai tersangka dalam kasus dugaan korupsi pemberian hadiah atau janji terkait penanganan perkara yang ditangani oleh KPK di Kabupaten Lampung Tengah.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Rekomendasi untuk anda
27th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.

Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.