Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Kompas.com - 01/09/2021, 19:52 WIB

JAKARTA, KOMPAS.com - Juru Bicara Vaksinasi dari Kementerian Kesehatan, Siti Nadia Tarmizi mengungkap, angka vaksinasi Covid-19 pada lansia masih rendah.

Baru 5,3 juta lansia yang divaksin dosis pertama dan 3,7 lansia yang telah menerima vaksin dosis kedua dari target penyuntikkan 21,5 juta lansia.

"Kita harus mengejar vaksinasi pada lansia yang saat ini baru 25 persen," kata Nadia dalam konferensi pers yang ditayangkan YouTube Sekretariat Presiden, Rabu (1/9/2021).

Dengan capaian tersebut, pemerintah terus mendorong percepatan vaksinasi, utamanya pada lansia dan masyarakat yang memiliki komorbid atau penyakit penyerta.

Hal itu demi mengurangi potensi keparahan penyakit pada kelompok-kelompok rentan seandainya terpapar virus corona.

Nadia mengatakan, per 31 Agustus 2021 pukul 21.00, pemerintah telah menyuntikan lebih dari 100 juta dosis vaksin Covid-19. Angka itu merupakan akumlasi dari vaksinasi dosis pertama, kedua, dan dosis ketiga atau booster bagi tenaga kesehatan.

Baca juga: UPDATE 1 September: Cakupan Vaksinasi Covid-19 Capai 17,45 Persen dari Target

Tercatat, 50 juta dosis vaksin pertama diselesaikan dalam kurun waktu 6 bulan atau sejak awal Januari hingga akhir Juni 2021. Namun, 50 juta dosis suntikan kedua berhasil dicapai dalam waktu 2 bulan saja yakni Juli hingga Agustus.

"Kita yakin kita akan dapat meningkatkan laju penyuntikan ke depannya," ucap Nadia.

Keyakinan itu, sebut dia, seiring dengan bertambahnya jumlah vaksin yang diterima dan didistribusikan pemerintah.

Pada bulan Agustus saja Indonesia menerima 43 juta dosis vaksin. Dari angka tersebut, 8-15 juta dosis sudah didistribusikan ke berbagai daerah di Tanah Air.

"Laju vaksinasi ini pada bulan September harus dapat kita tingkatkan sejalan dengan bertambahnya jumlah vaksin yang didistribusikan," kata Nadia.

Kendati demikian, Nadia mengingatkan pentingnya disiplin protokol kesehatan sekalipun sudah menerima vaksin. Protokol 5M atau memakai masker, mencuci tangan, menjaga jarak, menghindari kerumunan, serta membatasi pergerakan harus tetap diterapkan.

Baca juga: Vaksinasi Covid-19 Tembus 100 Juta Dosis, Kemenkes Harap Target Herd Immunity Tercapai

"Di samping itu ditambah dengan upaya vaksinasi dan pelaksanaan 3T, testing, tracing, dan treatment ini harus kita tetap lakukan berjalan bersama-sama," kata dia.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Video rekomendasi
Video lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+


Rekomendasi untuk anda
27th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.

Bagikan artikel ini melalui
Oke
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.