Kompas.com - 30/08/2021, 09:45 WIB
Ilustrasi siswa DOK. PIXABAYIlustrasi siswa
Penulis Ihsanuddin
|


JAKARTA, KOMPAS.com - Ratusan personel Satpol PP Jakarta Pusat diterjunkan untuk mengawasi proses pembelajaran tatap muka (PTM) yang digelar terbatas di sejumlah sekolah, mulai Senin (30/8/2021) hari ini.

Kepala Satpol PP Jakarta Pusat Bernard Tambunan mengatakan, para personel yang diterjunkan nantinya akan membantu mengawasi protokol kesehatan untuk pencegahan Covid-19 di seluruh sekolah yang menggelar PTM.

"Jadi kami diminta untuk membantu melakukan pengawasan pelaksanaan PTM. Kami terjunkan petugas untuk membantu pengawasan," kata Bernard, Senin.

Baca juga: Seorang Siswa SMK 32 Dipulangkan Saat Hari Pertama PTM Terbatas Digelar

Total ada 60 sekolah di Jakarta Pusat yang dinyatakan lolos asesmen dan mulai menggelar pembelajaran tatap muka pada hari ini.

Bernard mengatakan, setiap kecamatan akan mengirimkan 15 personil untuk melakukan pengawasan di sekolah-sekolah. Sedangkan dari tingkat kota akan dikerahkan 25 personil bantuan.

Para petugas Satpol PP itu akan melakukan pengawasan dan memastikan protokol kesehatan di sekolah berjalan sesuai prosedur.

Baca juga: 60 Sekolah di Jakpus Gelar Pembelajaran Tatap Muka

"Jadi nanti petugas sebelum pelaksanaan PTM akan ikut serta mengawasi dan mengecek apakah sarana dan prasarana sekolah tersebut sudah sesuai dan memastikan juga protokol kesehatan diterapkan secara ketat," katanya.

Selain di sekolah, para petugas Satpol PP juga akan melakukan pengawasan di luar sekolah, setelah para siswa selesai melaksanakan PTM. Hal ini bertujuan agar setiap siswa langsung pulang ke rumah dan tidak nongkrong.

"Nanti kita juga akan patroli mobile, kita ingin antisipasi agar tidak ada lagi pelajar yang usai PTM nongkrong atau kumpul-kumpul," katanya.

Para personel Satpol PP ini melakukan patroli mobile ke beberapa titik-titik lokasi yang biasanya dijadikan tempat kumpul-kumpul para pelajar.

"Jika kita temukan kita akan usir untuk bubar, jadi saya himbau para pelajar untuk langsung pulang usai PTM," ucapnya.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Video Pilihan

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.