Kompas.com - 13/05/2021, 07:22 WIB

JAKARTA, KOMPAS.com - Menteri Agama (Menag) Yaqut Cholil Qoumas mengucapkan selamat hari raya Idul Fitri 1442 Hijriah.

Ia mendoakan agar puasa dan ibadah di dalam suasana pandemi Covid-19 tahun ini meningkatkan kualitas ketakwaan seluruh umat Islam kepada Allah.

"Saya Yaqut Cholil Qoumas Menteri Agama Republik Indonesia mengucapkan selamat Idul Fitri 1442 Hijriah kepada seluruh umat Islam di Tanah Air," kata Menag Yaqut dalam keterangan videonya, Rabu (12/5/2021).

"Puasa dan ibadah lainnya yang telah dijalani selama Ramadhan dalam suasana pandemi ini semoga meningkatkan kualitas ketakwaan kepada Allah," lanjutnya.

Baca juga: Jokowi: Idul Fitri Tahun Ini Kita Masih Harus Bersabar dan Menahan Diri

Menag Yaqut berharap ketakwaan tersebut tidak hanya menjadi kesalehan personal.

Namun, ketakwaan kepada Allah juga harus dapat diwujudkan dalam bentuk kepedulian sosial terhadap sesama.

"Ketakwaan yang tidak hanya tecermin dalam kesalehan personal, tapi juga kesalehan dan kepedulian sosial untuk sama-sama membangun bangsa," ucapnya.

Dalam kesempatan ini, Menag Yaqut menyampaikan terima kasih kepada semua pihak yang berpartisipasi dalan menjaga dan menerapkan protokol kesehatan selama bulan Ramadhan.

Khususnya kepada umat Islam yang mematuhi anjuran ibadah selama bulan Ramadhan dan Lebaran.

"Terima kasih juga saya sampaikan kepada seluruh rakyat Indoensia atas ketaatan dan kegotongroyongannya dalam perang melawan Covid-19," ucapnya.

Baca juga: Memaknai Dua Kali Perayaan Idul Fitri di Tengah Pandemi Covid-19...

Hari raya Idul Fitri 1442 Hijriah jatuh pada Kamis (13/5/2021) hari ini dan masih digelar dalam suasana pandemi Covid-19.

Pemerintah melalui Kementerian Agama pun menyiapkan sejumlah kebijkan guna mencegah adanya lonjakan penyebaran Covid-19, termasuk mengatur pelaksanaan shalat Id.

Shalat Id di masjid dan lapangan terbuka hanya dapat dilakukan di daerah yang memiliki risiko rendah penularan Covid-19 atau zona hijau dan kuning.

Sedangkan masyarakat di daerah dengan risiko penularan tinggi atau zona merah dan oranye wajib melaksanakan shalat Idul Fitri di rumah.

Masyarakat juga diimbau melakukan silaturahmi virtual agar tidak menimbulkan kerumunan.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Rekomendasi untuk anda
27th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

Terkini Lainnya

komentar di artikel lainnya
Close Ads
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.

Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.