Persiapan Arus Balik, Menhub Usul Pelaku Perjalanan Darat Dapat Vaksin Covid-19 Gratis

Kompas.com - 10/05/2021, 13:21 WIB

JAKARTA, KOMPAS.com - Menteri Perhubungan Budi Karya Sumadi mengatakan, pemerintah telah mempersiapkan antisipasi arus balik Idul Fitri 1442 Hijriah.

Salah satunya dengan mengusulkan pemberian vaksin Covid-19 secara gratis kepada pelaku perjalanan darat.

Hal itu dia sampaikan usai rapat terbatas dengan Presiden Joko Widodo dan menteri terkait di Istana Kepresidenan, Senin (10/5/2021).

"Kami membahas tentang rencana kepulangan saudara-saudara kita dari daerah mudik. Dari catatan kami ada 22 persen yang akan balik pada hari Minggu (16/5/2021)," ujar Budi.

Persentase itu menurutnya setara dengan 3,6 juta warga. Menurut Budi, jumlah tersebut merupakan jumlah yang besar.

Baca juga: Video Viral Diklaim Rombongan Mudik Jokowi, Ini Penjelasan Istana

Oleh karenanya, Kemenhub mengusulkan agar pemudik menunda dahulu kepulangan mereka ke tempat rantau. Tujuannya supaya saat arus balik tidak ada yang menumpuk di satu lokasi tertentu.

"Kedua, kami usulkan dilakukan tracing yang intensif di beberapa tempat yang konsentrasinya besar, katakanlah di Madiun, Ngawi, Surabaya, Solo, Yogyakarta, Semarang, Cirebon, Jakarta," tutur Budi.

"Bahkan yang dari Sumatera di Bakauheni dilakukan tracing secara intensif sehingga kami usulkan nanti Pak menko dan Pak Menkes memberikan vaksin gratis untuk mereka yang melakukan perjalanan darat," tambah Budi.

Sementara itu, terkait arus mudik, Budi menyebutkan data pemerintah mencatat adanya potensi perjalanan masyarakat yang meningkat pada 11 dan 12 Mei.

Baca juga: Soal Larangan Mudik, Satgas Covid-19: Silahturahmi Tidak Dilarang, Manfaatkan Teknologi Virtual

Oleh karenanya, dia mengimbau masyarakat yang masih ingin mudik agar membatalkan niat tersebut.

"Kami mengimbau saudara-saudara kita tidak melakukan mudik, karena itu akan lebih baik," tegas Budi.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.

Kompas.com Berita Vaksinasi

Kita bisa akhiri pandemi Covid-19 jika kita bersatu melawannya. Sejarah membuktikan, vaksin beberapa kali telah menyelamatkan dunia dari pandemi.

Vaksin adalah salah satu temuan berharga dunia sains. Jangan ragu dan jangan takut ikut vaksinasi. Cek update vaksinasi.

Mari bantu tenaga kesehatan dan sesama kita yang terkena Covid-19. Klik di sini untuk donasi via Kitabisa.

Kita peduli, pandemi berakhir!



Video Pilihan

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.