Resmikan Monumen Marsda Anumerta Abdulrahman Saleh, Panglima TNI: Ini Sosok Panutan

Kompas.com - 09/04/2021, 18:56 WIB
Panglima TNI Marsekal TNI Hadi Tjahjanto meresmikan Monumen Marsda TNI Anumerta Abdulrahman Saleh yang berada di Wisma Aldiron bekas Markas Besar Angkatan Udara (Mabesau), Pancoran, Jakarta Selatan, Jumat (9/4/2021). Puspen Mabes TNIPanglima TNI Marsekal TNI Hadi Tjahjanto meresmikan Monumen Marsda TNI Anumerta Abdulrahman Saleh yang berada di Wisma Aldiron bekas Markas Besar Angkatan Udara (Mabesau), Pancoran, Jakarta Selatan, Jumat (9/4/2021).

JAKARTA, KOMPAS.com - Panglima TNI Marsekal TNI Hadi Tjahjanto meresmikan Monumen Marsda TNI Anumerta Abdulrahman Saleh yang berada di Wisma Aldiron, bekas Markas Besar Angkatan Udara (Mabesau), Pancoran, Jakarta Selatan, Jumat (9/4/2021).

Panglima TNI menyebut, Marsda TNI Anumerta Abdulrahman Saleh adalah putera terbaik yang pernah dimiliki TNI AU sehingga sangat layak dijadikan role model bagi generasi penerus dalam mengabdi kepada bangsa dan negara.

"Marsda TNI Anumerta Abdulrahman Saleh adalah sosok panutan yang dapat dijadikan teladan bagi TNI, khususnya TNI AU," ujar Panglima TNI dalam keterangan tertulis, Jumat (9/4/2021).

Baca juga: Pastikan Distribusi Bantuan, Panglima TNI dan Kapolri Tinjau Lokasi Bencana di NTT

Panglima TNI mengatakan, peresmian monumen ini juga menjadi kado Hari Ulang Tahun ke-75 TNI AU.

Menurut dia, pemilihan tempat bagi Monumen Abdulrahman Saleh di Wisma Aldiron juga menjadi cikal bakal pendirian Rumah Sakit Pusat Angkatan Udara (RSPAU) Abdulrachman Saleh sebagai rumah sakit infeksi.

"Karena di tengah pandemi Covid-19 saat ini, disadari bahwa pentingnya fasilitas kesehatan bagi masyarakat, khususnya bagi keluarga besar TNI AU dan TNI," ujar dia.

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

Panglima TNI mengungkapkan, di tengah berbagai keterbatasan di masa revolusi fisik, Marsda TNI Anumerta Abdulrahman Saleh mampu menjadi seorang dokter dan menjadi pelopor berdirinya Radio Republik Indonesia (RRI) serta memiliki karier militer yang cemerlang.

Karena itu, monumen tersebut dapat menjadi simbol dari semangat agar tidak melupakan sejarah.

"Karena masa lalu adalah cerminan hari ini dan akan membentuk masa depan," kata dia.

Baca juga: Panglima TNI Kirim Bantuan untuk Korban Bencana di NTT

Panglima TNI  berharap, keberadaan Monumen Marsda Anumerta Abdulrahman Saleh akan memberikan banyak manfaat dan menjadi pengingat akan jasa-jasanya kepada bangsa dan negara.

"Hal ini sekaligus menjadi manifestasi dari komitmen TNI dan generasi muda agar tidak pernah meninggalkan sejarah," ucap dia.

Dalam peresmian ini, Panglima TNI didampingi Kepala Staf Angkatan Udara (KSAU) Marsekal TNI Fadjar Prasetyo.

 



Rekomendasi untuk anda
26th

Ada hadiah voucher grab senilai total Rp 6.000.000 dan 1 unit smartphone.

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

Terkini Lainnya

komentar di artikel lainnya
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.