Pastikan Distribusi Bantuan, Panglima TNI dan Kapolri Tinjau Lokasi Bencana di NTT

Kompas.com - 09/04/2021, 07:58 WIB
Panglima TNI Marsekal Hadi Tjahjanto dan Kapolri Jenderal Pol Listyo Sigit Prabowo menemui korban bencana alam di Nusa Tenggara Timur (NTT) dan Nusa Tenggara Barat (NTB), Kamis (8/4/2021). Puspen Mabes TNIPanglima TNI Marsekal Hadi Tjahjanto dan Kapolri Jenderal Pol Listyo Sigit Prabowo menemui korban bencana alam di Nusa Tenggara Timur (NTT) dan Nusa Tenggara Barat (NTB), Kamis (8/4/2021).

JAKARTA, KOMPAS.com - Panglima TNI Marsekal Hadi Tjahjanto dan Kapolri Jenderal Pol Listyo Sigit Prabowo menemui korban bencana di Nusa Tenggara Timur (NTT) dan Nusa Tenggara Barat (NTB), Kamis (8/4/2021).

Kunjungan Panglima TNI dan Kapolri tersebut untuk mengecek secara langsung kondisi warga sekaligus memastikan distribusi bantuan sampai kepada para pengungsi.

"Beberapa wilayah yang menjadi titik peninjauan Panglima TNI dan Kapolri beserta rombongan di antaranya Maumere, Lembata di Kelurahan Weiwerang," ujar Kabidpenum Puspen TNI, Kolonel Laut (KH) Edys Riyanto dalam keterangan tertulis, Kamis (9/4/2021).

Baca juga: Kunjungi NTT, Jokowi Akan Tinjau Lokasi Terdampak Bencana

Dalam kesempatan tersebut, Hadi dan Sigit meninjau Jembatan Waiburak yang hancur terkena banjir.

Kemudian dilanjutkan menuju ke tempat pengungsian yang berada di Sekolah Man Weiwerang yang menjadi lokasi dapur lapangan.

Selain itu, keduanya juga meninjau langsung lokasi bencana lainnya. Hadi membawa langsung bantuan untuk korban bencana alam di NTT dan NTB.

Baca juga: BNPB: Gubernur NTT Tetapkan Status Tanggap Darurat Bencana

Sebelumnya, Hadi telah mengerahkan Alutsista TNI seperti KRI Oswald Siahaan (OWA)-354 dan pesawat Hercules C-130 dalam rangka mengangkut bantuan dari Kementerian Kesehatan dan Kementerian Sosial RI menuju lokasi bencana di NTT dan NTB.

Pengerahan KRI dan pesawat angkut berat, serta prajurit TNI ke wilayah bencana alam di NTT dan NTB, merupakan bagian dari operasi militer selain perang yang memang menjadi salah satu tugas pokok TNI.

TNI juga memberangkatkan Batalyon Zeni dari Kodam IX/Udayana Bali dan Kodam XIV/Hasanuddin Makassar untuk membantu membersihkan lokasi banjir bandang sekaligus melakukan rehabilitasi dan rekonstruksi.

Baca juga: UPDATE: 163 Orang Meninggal, 45 Hilang akibat Bencana di NTT

Berdasarkan data Badan Nasional Penanggulangan Bencana (BNPB) hingga Kamis (8/4/2021) malam, total korban meninggal di NTT mencapai 163 orang dan 45 orang dinyatakan hilang atau masih dalam pencarian.



Rekomendasi untuk anda
25th

Tulis komentar dengan menyertakan tagar #JernihBerkomentar dan #MelihatHarapan di kolom komentar artikel Kompas.com. Menangkan E-Voucher senilai Jutaan Rupiah dan 1 unit Smartphone.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X