BMKG: Hujan Berintensitas Lebat Masih Dapat Terjadi Hari Ini

Kompas.com - 20/02/2021, 08:39 WIB
Ilustrasi hujan lebat disertai angin kencang akibat cuaca ekstrem. SHUTTERSTOCK/CHOKCHAI POOMICHAIYAIlustrasi hujan lebat disertai angin kencang akibat cuaca ekstrem.

JAKARTA, KOMPAS.com - Badan Meteorologi Klimatologi dan Geofisika (BMKG) memperkirakan hujan berintensitas lebat masih dapat terjadi di wilayah Jabodetabek pada Sabtu (20/2/2021) hari ini.

Kepala BMKG Dwikorita Karnawati mengungkapkan, hujan berintensitas lebat itu berpotensi terjadi setelah sore hingga dini hari besok.

" Hujan dengan intensitas lebat ini, terutama di Jabodetabek, ini kami memprediksi hari ini tanggal 20 Februari ini masih akan terjadi terutama setelah sore, malam, hingga dini hari," kata Dwikorita dalam wawancara bersama Kompas TV, Sabtu.

Dwikorita menuturkan, hujan berintensitas lebat itu dapat turun di wilayah Jakarta Pusat, sementara wilayah Jakarta Barat, Jakarta Timur, dan Jakarta Utara diprediksi mengalami hujan berintensitas sedang dan lebat.

Baca juga: Hujan Deras Sejak Malam, Berikut 22 Titik Banjir di Tangsel

"Kemudian ini juga meluas ke arah selatan ke arah Bogor juga dapat meluas ke arah timur dan selatan," ujar Dwikorita.

Dwikorita melanjutkan, pada Minggu (21/2/2021) besok, BMKG memprediksi intensitas hujan di wilayah Jabodetabek berukang menjadi intensitas ringan sampai sedang.

Namun, BMKG memprediksi, curah hujan akan kembali meningkat pada tanggal 22 hingga 24 Februari 2021 mendatang.

Baca juga: Hujan Deras, Tembok MIN Jebol 6 Roboh hingga Timpa Rumah Warga

"Kemudian, 22 hingga 23 mulai ada peningkatan intensitas curah hujan terutama di bagian selatan, di arah Bogor, dan selanjutnya tanggal 23 hingga 24 semakin menguat intensitasnya terutama di wilayah selatan DKI dan juga selatan Jabodetabek," kata Dwikorita.


Dengan demikian, Dwikorita mengingatkan bahwa curah hujan tinggi masih diprediksi akan terjadi di wilayah Jabodetabek selama minggu ke depan.

Adapun Hujan deras yang mengguyur DKI Jakarta dan sekitarnya sejak Jumat (19/2/2021) malam hingga Sabtu (20/2/2021) pagi telah menyebabkan sejumlah wilayah tergenang banjir.

Badan Penanggulangan Bencana Daerah DKI Jakarta pun merilis tinggi muka air di tiga pintu air sudah berstatus waspada pada Sabtu pagi pukul 06.00 WIB.

Tiga pintu air yang dimaksud adalah Pintu Air Karet, Pintu Air Angke Hulu, dan Pintu Air Sunter Hulu.

Baca juga: UPDATE Tinggi Muka Air di Jakarta, Tiga Pintu Air Berstatus Siaga Satu



Rekomendasi untuk anda
25th

Tulis komentar dengan menyertakan tagar #JernihBerkomentar dan #MelihatHarapan di kolom komentar artikel Kompas.com. Menangkan E-Voucher senilai Jutaan Rupiah dan 1 unit Smartphone.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

Terkini Lainnya

komentar di artikel lainnya
Close Ads X