Jokowi Tunjuk Eks Wamenkes Ali Ghufron Jadi Dirut BPJS Kesehatan

Kompas.com - 20/02/2021, 00:52 WIB
Pelayanan tatap muka di BPJS Kesehatan Kantor Cabang Jember, Jawa Timur KOMPAS.com/Bagus SupriadiPelayanan tatap muka di BPJS Kesehatan Kantor Cabang Jember, Jawa Timur

JAKARTA, KOMPAS.com - Presiden Joko Widodo resmi menunjuk mantan Wakil Menteri Kesehatan Ali Ghufron Mukti sebagai Direktur Utama Badan Penyelenggara Jaminan Sosial (BPJS) Kesehatan.

Pengangkatan tersebut berdasarkan pada Keputusan Presiden No. 37 Tahun 2021. Nantinya dewan direksi akan bertugas untuk periode 2021-2026.

Ali menggantikan Fachmi Idris yang masa jabatannya telah selesai. Bersama Ali ditetapkan tujuh orang lainnya yang mengisi dewan direksi periode 2021-2026.

Ketujuh orang lainnya yakni Andi Afdal, Arief Witjaksono Juwono Putro, David Bangun, Edwin Aristiawan, Lily Kresnowati, Mahlil Ruby, dan Mundiharno. Nantinya format direksi akan disusun oleh Ali sebagai Direktur Utama.

Selain dewan direksi, Kepres juga menetapkan tujuh orang dewan pengawas (Dewas) periode 2021-2026. (Dewas) diketuai oleh pejabat Kementerian Kesehatan Achmad Yurianto.

Yurianto merupakan wakil pemerintah bersama dengan Regina Maria Wiwieng Handayani. Selain kedua orang tersebut terdapat lima orang lainnya yang telah dipilih oleh DPR untuk mengisi jabatan Dewas BPJS Kesehatan.

Nama anggota dewan pengawas yang dipilih DPR yakni Indra Yana dan Siruaya Utamawan dari unsur pekerja, Iftida Yasar dan Inda Deryanne Hasman dari unsur pemberi kerja, serta Ibnu Naser Arrohimi dari unsur tokoh masyarakat.

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

Artikel ini telah tayang di Kontan.co.id dengan judul Jokowi tunjuk mantan Wamenkes jadi Dirut BPJS Kesehatan



Rekomendasi untuk anda
26th

Ada hadiah voucher grab senilai total Rp 6.000.000 dan 1 unit smartphone.

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

Terkini Lainnya

komentar di artikel lainnya
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.