Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Kompas.com - 17/02/2021, 14:22 WIB

JAKARTA, KOMPAS.com - Pakar Pendamping dan Dukungan Psikososial Kebencanaan, Endang Mariani mengungkapkan, saat ini terdapat fenomena delirium yang merupakan gejala baru bagi penderita Covid-19.

Ia menjelaskan, delirium dapat menimbulkan gejala yang bisa menyasar pada aspek psikologis.

Efeknya, yakni seseorang kerap sulit fokus, suka melamun, dan bahkan daya ingat seseorang yang mengalami gejala ini bisa menurun.

"Suka melamun, daya ingat menurun, sulit bicara, berhalusinasi, mudah tersinggung dan sering gelisah," ujar Endang dalam webinar yang digelar BNPB, Jakarta, Rabu (17/2/2021).

Baca juga: INFOGRAFIK: Mengenal Delirium, Gejala Baru Covid-19

Namun, pihaknya juga masih mempertanyakan apakah gejala ini hanya timbul pada mereka yang terpapar Covid-19 atau seseorang yang terdampak.

Karena, menurutnya, orang-orang yang tidak terdampak juga mengalami delirium.

"Ini apakah gejala covid atau ini efek dari orang yang kebetulan terpapar Covid-19? Tapi bisa juga ini terjadi pada orang-orang yang tidak terdampak, itu juga ada," jelas dia.

Baca juga: Kisah Ari Lasso Sembuh dari Covid-19, Sempat Alami Delirium dan Demam 11 Hari

Terkait munculnya fenomena efek bagi para penyintas Covid-19, ia menjelaskan, terdapat sejumlah reaksi yang timbul dengan jangka waktu cukup panjang.

Berdasarkan studi penelitian terdahulunya, efek itu berupa penyintas yang merasa sendiri, sesak nafas walaupun sudah dinyatakan sembuh, hingga kerap merasa suasana hati terganggu.

"Pada akhirnya kita perlu memperjelas apakah ini betul-betul aspek psikologis, ataukah memang ada aspek medis. Aspek fisik yang mungkin memang punya dampak, bisa cukup panjang jangka waktunya," jelas dia.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Video rekomendasi
Video lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+


Rekomendasi untuk anda
27th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.

Bagikan artikel ini melalui
Oke
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.