Bareskrim Polri Tangkap Seorang Pelantun Ajakan Jihad dalam Azan di Sukabumi

Kompas.com - 04/12/2020, 10:47 WIB
Kepala Divisi Humas Mabes Polri Irjen Argo Yuwono (tengah) di Gedung Bareskrim, Jakarta Selatan, Rabu (15/7/2020). Dok. Divisi Humas PolriKepala Divisi Humas Mabes Polri Irjen Argo Yuwono (tengah) di Gedung Bareskrim, Jakarta Selatan, Rabu (15/7/2020).

JAKARTA, KOMPAS.com - Penyidik Direktorat Tindak Pidana Siber Bareskrim menangkap seorang pelantun ajakan jihad dalam azan berinisial SYM di Cibadak, Jawa Barat, pada Jumat (4/12/2020).

Dalam video yang beredar, SYM telah mengubah lantunan azab dari 'Hayya'lash sholah' menjadi 'Hayya alal jihad'.

"Tersangka atas nama SY Muhammad (22) yang diamankan jam 02.45 WIB di Jalan Raya Sukabumi, Kecamatan Cibadak, Provinsi Jawa Barat," ungkap Kepala Divisi Humas Polri Irjen Argo Yuwono ketika dikonfirmasi, Jumat.

Baca juga: Penyebar Video Ajakan Jihad dalam Azan Ditangkap, Polisi: Motifnya untuk Menyebarkan Saja

Argo menuturkan, dasar penangkapan itu adalah laporan bernomor LP/B/0685/XII/2020/Bareskrim tanggal 2 Desember 2020.

SYM pun telah berstatus sebagai tersangka dengan dugaan menyebarkan informasi yang bertujuan menimbulkan kebencian atau permusuhan berdasarkan SARA.

Tersangka dijerat dengan Pasal 45A ayat (2) Jo Pasal 28 ayat (2) Undang-Undang Nomor 19 Tahun 2019 tentang Perubahan atas Undang-Undang Nomor 11 Tahun 2008 tentang Informasi dan Transaksi Elektronik dan/atau Pasal 156a KUHP.

Baca juga: Polisi Usut Pembuat Video Ajakan Jihad dalam Azan yang Viral di Media Sosial

"Barang bukti yakni satu handphone VIVO berwarna merah, satu kemeja lengan panjang warna putih, satu peci warna putih, dan satu buah sarung kain," ungkap Argo.

Pada Kamis (3/12/2020), penyidik Polda Metro Jaya juga menangkap penyebaran video ajakan jihad dalam azan yang berinisial H. Ia ditangkap di Cakung, Jakarta Timur.

H menyebarkan video tersebut secara masif melalui akun instagram pribadinya @hashophasan.

Belum ada keterangan lebih lanjut apakah kedua kasus saling berkaitan.



Rekomendasi untuk anda
25th

Tulis komentar dengan menyertakan tagar #JernihBerkomentar dan #MelihatHarapan di kolom komentar artikel Kompas.com. Menangkan E-Voucher senilai Jutaan Rupiah dan 1 unit Smartphone.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X