Puan Bertemu Pimpinan DPR Korea Selatan, Bahas Penanganan Covid-19 hingga Pelindungan Pekerja Migran

Kompas.com - 25/11/2020, 18:04 WIB
Ketua DPR Puan Maharani dengan Wakil Ketua DPR Korea Selatan, Kim Sang Hee, di Gedung DPR, Senayan, Jakarta, Rabu (25/11/2020). Dokumen DPR RIKetua DPR Puan Maharani dengan Wakil Ketua DPR Korea Selatan, Kim Sang Hee, di Gedung DPR, Senayan, Jakarta, Rabu (25/11/2020).

JAKARTA, KOMPAS.com - Ketua DPR Puan Maharani menerima kunjungan Wakil Ketua DPR Korea Selatan, Kim Sang Hee, di Gedung DPR, Senayan, Jakarta, Rabu (25/11/2020).

Dalam pertemuan itu, Puan dan Sang Hee membahas kerja sama kedua negara, mulai dari penanganan Covid-19 hingga pelindungan bagi pekerja migran di Korea Selatan.

"Saya berharap kunjungan ini dapat lebih mempererat hubungan kedua negara, sehingga lebih bermanfaat konkret bagi rakyat kedua negara," ujar Puan dikutip dari keterangan pers, Rabu (25/11/2020).

Ia menyampaikan apresiasi atas dukungan dan kerja sama pemerintah Korea Selatan dengan RI dalam penanganan Covid-19.

Baca juga: Lonjakan Kasus Covid-19, Korea Selatan Kembali Perketat Pembatasan

Kerja sama yang dijalin RI dan Korea Selatan di antaranya riset dan pengembangan vaksin Covid-19. Puan berharap kerja sama ini dapat terus diperkuat.

"Saya mengajak berbagai pihak di Korea untuk bekerjasama dengan mitranya di Indonesia, di bidang inovasi alat kesehatan," katanya.

Selain itu, Puan mempromosikan potensi investasi bagi Korea Selatan di RI. Ia berharap Sang Hee sebagai perwakilian parlemen Korea Selatan turut mendorong perusahaan-perusahaan di Korea Selatan berinvestasi di Indoensia.

“Indonesia selalu melakukan perbaikan iklim investasinya. Dan saya mengharapkan parlemen Korea membantu mendorong perusahaan-perusahaan Korea agar berinvestasi di Indonesia," ujar Puan.

Baca juga: Korsel Dilanda Gelombang Ketiga Virus Corona, Seoul PSBB

Sementara itu, Puan juga mengharapkan dukungan parlemen Korea Selatan terhadap peningkatan perlindungan pekerja migran Indonesia.

Menurutnya, ada sekitar 33.000 pekerja migran Indonesia di Korea Selatan.

"Saya mengharapkan dukungan Parlemen Korea untuk terus meningkatkan perlindungan bagi pekerja migran Indonesia di Korea," kata Puan.

Puan menyebut DPR telah membentuk grup persahabatan bilateral dengan 102 parlemen dari berbagai dunia, termasuk dengan Korea Selatan.

Ia ingin forum bilateral itu membantu pencapaian berbagai tujuan pembangunan melalui pertukaran informasi terkait peran dan fungsi parlemen dari tiap negara.



Rekomendasi untuk anda
25th

Tulis komentar dengan menyertakan tagar #JernihBerkomentar dan #MelihatHarapan di kolom komentar artikel Kompas.com. Menangkan E-Voucher senilai Jutaan Rupiah dan 1 unit Smartphone.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

Terkini Lainnya

komentar di artikel lainnya
Close Ads X