Kompas.com - 02/11/2020, 13:45 WIB
Wakil Menteri Pertahanan Sakti Wahyu Trenggono  memberikan keterangan di Kantor Kemenhan, Rabu (22/1/2020). KOMPAS.com/Dian Erika Wakil Menteri Pertahanan Sakti Wahyu Trenggono memberikan keterangan di Kantor Kemenhan, Rabu (22/1/2020).

JAKARTA, KOMPAS.com - Wakil Menteri Pertahanan Sakti Wahyu Trenggono mengingatkan pentingnya antisipasi dalam menghadapi pertempuran dengan karakter yang baru, menyusul lahirnya teknologi militer di era revolusi industri 4.0.

"Kita harus siap mengantisipasi karakter baru pertempuran besar yang mempunyai daya hancur yang merusak," ujar Trenggono saat memberikan sambutan dalam acara bedah buku 75 tahun TNI yang digelar CSIS, Senin (2/11/2020).

Baca juga: Wamenhan: Pendidikan Bela Negara Bukan Pendidikan Militer

 

Trenggono menuturkan, transformasi yang terjadi saat ini juga harus mendorong kesiapan TNI mengantisipasi pertempuran hibrida. Pertempuran tersebut merupakan penggabungan berbagai taktik sekaligus.

Menurut Trenggono, taktik tersebut berupa taktik konvensional, non-konvensional dan lintas dimensi.

Selain itu, perang tersebut juga berlangsung tidak teratur dengan mengandalkan warfare berupa serangan nuklir, senjata biologi, kimia, hingga perang informasi.

Baca juga: Tingkatkan Kapasitas Produksi, Wamenhan Minta Pindad Modernisasi Pabrik Munisi

Dengan demikian, peperangan di masa yang mendatang diyakini akan berlangsung lebih cepat.

"Kita harus siap hadapi pertempuran yang berjalan lebih singkat dalam menentukan pemenang," kata dia.

Selain itu, Trenggono menyebut Presiden Joko Widodo telah menaruh harapan besar dan mendukung transformasi dalam upaya penguatan TNI. Transformasi di tubuh TNI meliputi organisasi, teknologi, dan personel.

Hal itu diungkapkan Jokowi saat memperingati HUT ke-75 TNI.

"Transformasi organisasi TNI harus terus dilakukan sesuai dengan dinamika strategis, dinamika keamanan, dan perkembangan teknologi militer," kata dia.



Rekomendasi untuk anda
25th

Tulis komentar dengan menyertakan tagar #JernihBerkomentar dan #MelihatHarapan di kolom komentar artikel Kompas.com. Menangkan E-Voucher senilai Jutaan Rupiah dan 1 unit Smartphone.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X