Kompas.com - 21/10/2020, 17:29 WIB

JAKARTA, KOMPAS.com - Menteri Kesehatan (Menkes) Terawan Agus Putranto mengatakan, tingkat kesembuhan pasien Covid-19 di Indonesia melampaui persentase kesembuhan secara global.

Terawan mengungkapkan, angka kesembuhan pasien Covid-19 di Indonesia tercatat sebesar 79,19 persen.

Sementara itu, angka kesembuhan global sebesar 69,97 persen. Data ini berdasarkan catatan pemerintah hingga 19 Oktober 2020.

Baca juga: UPDATE Covid-19 di Jabar, Jateng, Banten, Sumsel, Babel, dan Lampung 21 Oktober 2020

"Kalau kita lihat dibandingkan dengan dunia, maka kita sudah melihat bahwa angka kesembuhan pasien Covid-19 di Indonesia lebih tinggi dari angka kesembuhan global,” ujar Terawan dikutip dari siaran pers di laman resmi Kemenkes, Rabu (21/10/2020).

Sementara itu, angka kematian (case fatality rate) Indonesia tercatat sebesar 3,45 persen.

Menurut Terawan, persentase ini menurun jika dibandingkan catatan persentase kematian di periode sebelumnya, yakni sebesar 3,54 persen.

"Namun, angka tersebut masih tetap di atas rata-rata kematian global sebesar 2,8 persen," ungkap Terawan.

Dia menilai, kecenderungan penurunan angka kematian akibat Covid-19 di Indonesia merupakan sebuah harapan positif dalam mengatasi masalah pandemi tersebut.

“Kita bisa melihat ada harapan positif dari angka kesembuhan terus meningkat yang mencapai di atas 79 persen dan kecenderungan angka kematian (case fatality rate) yang terus menurun,” ucap Terawan.

Dia melanjutkan, peningkatan angka kesembuhan dan penurunan angka kematian tidak lepas dari strategi penanganan Covid-19 yang dilakukan yakni detect, prevent, dan response.

Halaman:


Video Pilihan

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.