KPK Sita Rp 3,7 Miliar dalam Kasus Suap DPRD Sumut

Kompas.com - 14/10/2020, 19:43 WIB
Gedung KPK KOMPAS.com/DYLAN APRIALDO RACHMANGedung KPK
|

JAKARTA, KOMPAS.com - Komisi Pemberantasan Korupsi ( KPK) telah menyita uang senilai Rp 3.732.500.000 dalam kasus suap anggota DPRD Sumatera Utara.

Deputi Penindakan KPK Karyoto mengatakan, uang yang disita tersebut merupakan uang yang dikembalikan oleh para tersangka dan saksi dalam kasus ini.

"Dalam proses penyidikan perkara ini telah dilakukan penyitaan uang pengembalian para Tersangka dan Saksi senilai total Rp Rp 3.732.500.000," kata Karyoto dalam konferensi pers, Rabu (14/10/2020).

Baca juga: KPK Panggil Mantan Anggota DPRD Sumut Tersangka Kasus Suap

Karyoto menuturkan, penyidik juga telah memeriksa 59 orang saksi dalam kasus ini dan menahan 14 orang tersangka.

Terbaru, KPK menahan mantan anggota DPRD Sumatera Utara, Nurhasanah untuk 20 hari ke depan mulai Rabu hari ini.

"Hari ini setelah memeriksa saksi dengan jumlah 59 orang, KPK kembali melakukan penahanan terhadap satu orang tersangka yakni NHS (Nurhasanah)," ujar Karyoto.

KPK menetapkan 14 anggota DPRD Sumatera Utara periode 2009-2014 dan/atau 2014-2019 sebagai tersangka dalam kasus ini.

Sebanyak 14 tersangka itu ialah Sudirman Halawa, Rahmad Pardamean Hasibuan, Megalia Agustina, Nurhasanah, dan Ida Budiningsih.

Kemudian, Syamsul Hilal, Robert Nainggolan, Ramli, Layani Sinukaban, Japorman Saragih, Jamaludin Hasibuan, Irwansyah Damanik, Ahmad Hoesin Hutagalung, dan Mulyani.

"Para tersangka tersebut diduga menerima hadiah atau janji berupa uang yang diterima secara beragam antara Rp 377.500.000 sampai dengan Rp 777.500.000 dari Gubernur Sumatera Utara, Gatot Pujo Nugroho," ujar Karyoto.

Baca juga: Aksi Tolak UU Cipta Kerja di DPRD Sumut Berlangsung Rusuh, Polisi Dilempari Batu

Halaman:


Rekomendasi untuk anda
25th

Tulis komentar dengan menyertakan tagar #JernihBerkomentar dan #MelihatHarapan di kolom komentar artikel Kompas.com. Menangkan E-Voucher senilai Jutaan Rupiah dan 1 unit Smartphone.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

Terkini Lainnya

komentar di artikel lainnya
Close Ads X