Kompas.com - 16/04/2020, 15:07 WIB
|
Editor Krisiandi

JAKARTA, KOMPAS.com - Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Menparekraf) Wishnutama Kusubandio menyatakan, pekerja kreatif di bidang seni akan mendapat bantuan sosial (bansos) saat pandemi Covid-19.

Pemerintah, kata dia, mempertimbangkan bahwa para pekerja seni terdampak kebijakan pembatasan sosial untuk memutus mata rantai penularan Covid-19. 

Wishnutama menambahkan, pemberian bansos kepada pekerja seni juga bekerja sama dengan Kementerian Sosial (Kemensos).

Baca juga: Terdampak Corona, Pekerja Seni di Karawang Pilih Jualan Madu Baduy

"Khusus untuk pekerja kreatif yang berkaitan dengan seni kita bekerja sama juga dengan Kemensos untuk berikan bansos secara langsung. Ini juga sedang dalam perencanaan agar lebih tepat sasaran," kata Wishnutama usai rapat bersama Presiden Joko Widodo melalui konferensi video, Kamis (16/4/2020).

Ia menambahkan, nantinya Kemenparekraf juga akan memfasilitasi pendaftaran Kartu Prakerja bagi para pekerja di sektor pariwisata dan ekonomi kreatif yang terkena PHK.

Selain itu, ia akan berkoordinasi dengan Kementerian Koperasi dan UKM untuk memfasilitasi penyaluran insentif kepada pelaku UMKM di sektor pariwisata dan ekonomi kreatif yang terdampak pandemi Covid-19.

Baca juga: Wakili Para Pekerja Seni, Andre Taulany: Sejak Timbul Covid-19, Pekerjaan Kami Dibatalkan

"Berkaitan dengan Kartu Prakerja. Tadi Ibu Menaker dan kami, dan kami juga terus melakukan berbagai macam koordinasi. Ada 1,1 juta yang terkait tenaga kerja yang dapat Kartu Prakerja. Kira-kira yang bisa mendapatkan itu 1,1 juta orang," ujar Wishnutama.

"Lalu dengan Menkop UKM ada 2,1 juta UMKM yang terkait juga dengan pariwisata yang kita akan bantu bersama Menkop UKM," lanjut dia.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Rekomendasi untuk anda
27th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

Terkini Lainnya

komentar di artikel lainnya
Close Ads
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.

Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.