Cegah Corona, Ditjen PAS Siapkan Bilik Sterilisasi di Rutan dan Lapas

Kompas.com - 27/03/2020, 12:14 WIB
Ilustrasi penjara Kompas.comIlustrasi penjara
|
Editor Krisiandi

JAKARTA, KOMPAS.com - Direktorat Jenderal Pemasyarakatan Kementerian Hukum dan HAM akan menempatkan bilik sterilisasi di setiap rumah tahanan dan lembaga pemasyarakatan untuk mencegah penyebaran virus Corona.

Plt Direktur Jenderal Pemasyarakatan Nugroho mengatakan, pengadaan bilik kesehatan merupakan hasil pengalihan anggaran untuk pencegahan virus Corona.

“Kami menggunakan DIPA (Daftar Isian Pelaksanaan Anggaran) masing-masing satuan kerja, salah satu hasil kebijakan refocusing anggaran yang kami keluarkan ketika COVID-19 merebak,” kata Nugroho dalam siaran pers, Jumat (27/3/2020).

Baca juga: Mengapa Orang Tanpa Gejala Bisa Menularkan Covid-19?

Nugroho menuturkan, saat ini terdapat lebih dari 100 bilik sterilisasi yang sudah beroperasi di seluruh wilayah Indonesia sedangkan sisanya masih disiapkan.

Ia menambahkan, setiap rutan dan lapas juga berinovasi membuat bilik sterilisasi sendiri dengan sumber yang ada bekerja sama dengan warga binaan di masing-masing rutan dan lapas.

Baca juga: Pasien Positif Covid-19 di Padang Punya Riwayat Perjalanan ke Jakarta

"Seperti warga binaan di Rutan Solo atau Rutan Mamuju yang saat ini sedang membuat bilik sterilisasi untuk 7 Lapas/Rutan di Sulawesi Barat, serta Lapas/Rutan lain yang berinovasi mengadakan sarana ini," ujar Nugroho.

Nugroho menambahkan, selain penyediaan bilik sterilisasi itu, Ditjen Pemasyarakatan juga sudah menyiapkan sejumlah fasilitas lain untuk mencegah penyebaran virus Corona.

Fasilitas itu antara lain fasilitas cuci tangan, video call sebagai pengganti kunjungan, hingga penyediaan blok khusus isolasi.

Dapatkan Voucher Belanja jutaan rupiah, dengan #JernihBerkomentar di bawah ini! *S&K berlaku
Ikut


Dapatkan Voucher Belanja jutaan rupiah, dengan #JernihBerkomentar di bawah ini! *S&K berlaku
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X